Nurhaini, Nurhaini and Mochammad, Ridwan and Yefriza, Yefriza (2021) PENGARUH PENDIDIKAN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI PROVINSI BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi Nurhaini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Nilai indeks pembangunan manusia Provinsi Bengkulu selalu mengalami
peningkatan disetiap tahunnya. Jika dibandingkan dengan provinsi-provinsi
lainnya yang berada di Pulau Sumatera, provinsi Bengkulu dapat dikategorikan
mempunyai indeks pembangunan manusia yang rendah ketiga.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran seberapa besar
indeks pendidikan (diproyeksikan rata-rata lama sekolah dan harapan lama
sekolah) terhadap IPM dalam pembangunan manusia di Provinsi Bengkulu. Jenis
data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa data time series. Sumber
data berasal dari Badan Pusat Statistik Propinsi Bengkulu. Penelitian ini
menggunakan metode statistik deskriptif dengan bantuan eviews 9 untuk
mengambarkan bagaimana pembangunan manusia di Provinsi Bengkulu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indeks Pembangunan manusia di
Provinsi Bengkulu tinggi karena ditopang oleh indeks pendidikan dan berperan
kecil terhadap pembentukan IPM. Pembangunan di bidang pendidikan dapat
dikategorikan berhasil karena rata-rata lama sekolah di Provinsi Bengkulu 8,84.
Kondisi ini jauh lebih tinggi di bandingkan dengan rata-rata lama sekolah 4
provinsi lainnya di Sumbagsel. Selain itu angka Harapan lama sekolah mencapai
angka 13,61. Pada variabel X1 diperoleh nilai probabilitas t-Statistik sebesar
0,0000 yang nilainya lebih kecil dari nilai α (0,05). Maka dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh positif signifikan yaitu sebesar 2.254936 dari rata-rata lama
sekolah terhadap indeks pembangunan manusia di provinsi Bengkulu. Pada
variabel X2 diperoleh nilai probabilitas t-Statistik sebesar 0,0000 yang lebih kecil
dari nilai α (0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif signifikan
yaitu sebesar 2.137641 dari harapan lama sekolah terhadap indeks pembangunan
manusia di provinsi Bengkulu. Hal tersebut menunjukan peran pemerintahan
Provinsi Bengkulu tetap menopang dalam bidang pendidikan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat hasil signifikan yaitu
pada uji F digunakan untuk menguji variabel. Berdasarkan hasil estimasi dapat
dilihat probability F-statistic sebesar 0,0000. Artinya variabel pendidikan yang
digunakan dalam penelitian mempunyai pengaruh besar atau berdampak terhadap
variabel dependen yaitu indeks pembangunan manusia di provinsi Bengkulu.
Setiap kabupaten pada 9 kabupaten yang memiliki fasilitas sekolah merupakan
beberapa indikator yang mempengaruhi peningkatan setiap tahunnya rata-rata
lama sekolah pada kabupaten yang ada di provinsi Bengkulu. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan yang dilakukan pada data Rata-rata lama sekolah dah
harapan lama sekolah di Provinsi Bengkulu pada tahun 2016-2020 dapat ditarik
kesimpulan bahwa kedua variabel pada penelitian ini berpengaruh terhadap kenaikan tingkat Indeks pembangunan manusia di provinsi Bengkulu. Hal ini
berarti perbaikan dan peningkatan rata-rata lama sekolah dan harapan lama
sekolah akan meningkatkan indeks pembangunan manusia di provinsi Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Development Economics |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 08:02 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 08:02 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19335 |