MOTIF PERMINTAAN UANG ELEKTRONIK (E MONEY) PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BENGKULU

Sinaga, Rizal and Indraswanti, Indraswanti and Muhammad, Rusdi (2021) MOTIF PERMINTAAN UANG ELEKTRONIK (E MONEY) PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Skripsi_Rizal Sinaga.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan permintaan uang elektronik akan membawa dampak yang
baik bagi perekonomian negara, dengan proses transaksi yang semakin cepat dan
mudah, tingkat konsumsi masyarakat akan naik. Perputaran uang semakin cepat
dan memicu perkembangan sektor keuangan. Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan
Bisnis merupakan akademisi yang memiliki pemahaman tentang literasi keuagan
yang tentunya belajar tentang sistem pembayaran memiliki peran penting dalam
peningkatan permintaan uang elektronik sebagai permbayaran non-tunai, terlebih
lagi dimasa pendemi saat ini yang membutuhakan alat pembayaran yang tanpa
bersentuhan secara fisik dan uang elektronik adalah solusi dari permasalahan
tersebut. Namun uang elektronik juga membuat konsumen menjadi lebih
konsumtif disebabkan kemudahan dalam transaksi.
Tujuan dari penelitian ini adalah identifikasi motif permintaan uang
elektronik pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
menggunakan data primer, Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu snowball sampling karena data untuk jumlah pengguna uang elektronik
belum diketahui.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan
bahwa mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu
menggunakan 38% uang sakunya untuk top up uang elektronik setiap bulan, dan
untuk motif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu
melakukan top up uang elektronik di dominasi untuk motif transaksi sebesar 52%
dari total permintaan uang elektronik, sedangkan untuk motif berjaga-jaga dan
motif spekulasi masing-masing 31% dan 17% setiap bulan.
Dalam upaya peningkatan pertumbuhan uang elektronik Bank Indonesia
sebagai fasilitator diharapkan selain melakukan sosialisasi tentang uang elektronik
juga menghimbau pelaku UMKM, usaha kecil, rumah makan, dan merchant
menyedikan fasilitas pembayaran dengan uang elektronik sehingga masyarakat
semakin cashlesh dan bisa menggunakan uang elektronik dimana saja.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:51
Last Modified: 01 Aug 2024 08:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19351

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200