PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VB SD NEGERI 67 KOTA BENGKULU

Anggraini, Mesy and Puspa, Djuwita and Dalifa, Dalifa (2022) PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VB SD NEGERI 67 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI PGSD MESY ANGGRAINI.pdf] Text
SKRIPSI PGSD MESY ANGGRAINI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada
pembelajaran Tematik di kelas VB SD Negeri 67 Kota Bengkulu dengan
menerapkan model Reciprocal Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas dengan subjek penelitian guru dan 27 siswa yang terdiri dari 14
siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus
dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar tes kognitif dan
lembar observasi aktvitas guru, siswa, afektif, dan psikomotorik. Teknik analisis
data yang digunakan pada lembar tes berupa rumus rata-rata dan ketuntasan
belajar klasikal sedangkan pada lembar observasi dengan rumus rata-rata dan
persentase keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik, hal ini terlihat siswa
menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan memperoleh hasil belajar yang
baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Reciprocal
Teaching pada pembelajaran Tematik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas VB SD Negeri 67 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Model Reciprocal Teaching, Aktivitas belajar, Hasil belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:26
Last Modified: 02 Aug 2024 01:26
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19355

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200