Nova, Rendi Dwi and Osa, Juarsa and Sri, Dadi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 03 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI RENDI DWI NOVA.pdf [thumbnail of SKRIPSI RENDI DWI NOVA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RENDI DWI NOVA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran
Kooperatif tipe Talking Stick berbantuan media audio visual terhadap prestasi
belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas IV SDN 03 Kota Bengkulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan
adalah metode eksperimen semu (quasy esperiment) dengan desain penelitian
adalah The Matching Only Pre Test-Post Test Group Design. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan sampel berdasarkan teknik Sampling
Total. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis dengan teknik
pengumpulan data dalam bentuk pretest dan posttest. Data yang diperoleh
dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Hasil analisis nilai posttest
menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas
kontrol. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis (uji-t) dengan nilai pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia thitung (4,485) > ttabel (2,009) dan pada mata pelajaran
PPKn thitung (3,262) > ttabel (2,009). Berdasarkan pengujian thitung > ttabel maka H0
ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbantuan media
audio visual terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas
IV SDN 03 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Talking Stick, Media Audio Visual, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 01:41 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 01:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19358 |