PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SDN 45 Kota Bengkulu)

Herlina, Teta and Sri, Dadi and Panut, Setiono (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SDN 45 Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_TETA HERLINA_A1G018087_PGSD 2018.pdf] Text
SKRIPSI_TETA HERLINA_A1G018087_PGSD 2018.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerja sama dan hasil belajar
siswa di kelas IVA SD Negeri 45 Kota Bengkulu dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe make a match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN
45 Kota Bengkulu yang berjumlah 19 siswa, terdiri daro 10 siswa laki-laki dan 9
siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini
adalah Lembar Observasi dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan Lembar
Observasi yang menggunakan rumus skor rata-rata, skor tertinggi, skor terendah,
selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap skor. Data tes dianalisis menggunakan
rumus rata-rata kelas dan presentase ketuntasan belajar. Hasil rata-rata
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siklus I
diperoleh skor 62,50 kategori cukup. Meningkat pada siklus II diperoleh skor
89,50 kategori sangat baik. Hasil rata-rata sikap kerja sama siswa pada siklus I
diperoleh skor 7,38 kategori cukup. Meningkat pada siklus II diperoleh skor 13,53
kategori sangat baik. Hasil belajar siklus I pada mata pelajaran IPS memperoleh
nilai rata-rata kelas 69,74 dengan ketuntasan klasikal 63,16%. Meningkat pada
siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas 81,84 dengan ketuntasan klasikal
89,47%. Mata pelajaran Bahasa Indonesia memperoleh nilai rata-rata kelas
70,92 dengan ketuntasan klasikal 57,89%. Meningkat pada siklus II memperoleh
nilai rata-rata kelas 83,82 dengan ketuntasan klasikal 89,47%. Dengan demikian
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat
meningkatkan sikap kerja sama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran
tematik di Kelas IVA SD Negeri 45 Kota Bengkulu,
Kata Kunci : Make a Match. Kerjasama, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:59
Last Modified: 02 Aug 2024 01:59
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19364

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200