Dianti, Tri and Puspa, Djuwita and Lukman, Lukman (2022) PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DALAM PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN KEPEDULIAN MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN PPKN SISWA KELAS VA SD NEGERI 68 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_TRI DIANTI_A1IG018029_PGSD.pdf [thumbnail of SKRIPSI_TRI DIANTI_A1IG018029_PGSD.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_TRI DIANTI_A1IG018029_PGSD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam
penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian melalui pembelajaran tematik
bermuatan PPKn siswa kelas Va SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Penelitian ini
menggunakan jenis kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru kelas VA dan
kepala sekolah. Instrumen penelitian adalah menggunakan pedoman observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui Data Colection
(Pengumpulan Data), Data Reducation (Redukasi Data), Data Display (Penyajian Data),
Consclusion Drawing/verification. Hasil penelitian ini adalah: a) peran guru sebagai
pembimbing dalam perencanaan tujuan pembelajaran dibuat oleh guru sesuai dengan
analisis kurikulum, KI dan KD yang sudah dianalisis untuk membimbing siswa kelas Va
dalam menanamkan karakter tanggung jawab dan kepedulian. b) peran guru sebagai
pembimbing dalam memaknai pembelajaran pada penanaman karakter tanggung jawab
dan kepedulian yaitu yang dilakukan guru dalam pembelajaran melalui metode
pembiasaan. c) dalam evaluasi pembelajaran pada penanaman karakter tanggung jawab
dan kepedulian guru melakukan penilaian sikap. Kemudian berdasarkan hasil penelitian
maka dapat disimpulkan bahwa guru sudah membuat RPP, dalam melaksanakan
pembelajaran guru dipandu oleh RPP yang dibuat serta guru menguasai materi saat proses
belajar mengajar berlangsung. Guru juga dalam mengajar sudah menamakan karakter
tanggung jawab dan kepedulian melalui metode pembiasaan sehingga siswa
menanamkan pembiasaan perilaku-perilaku baik, mengerjakan tugas tepat waktu, piket
kelas sesuai jadwal, mengerjakan tugas sendiri-sendiri, mengerjakan tugas kelompok
secara bersama-sama dan membuang sampah pada tempatnya Dan dalam mengevaluasi
pembelajaran pada penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian guru melakukan
penilaian sikap setiap hari pada saat pembelajaran atau setelah pembelajaran pada siswa.
Kata Kunci: Penanaman Karakter,Tanggung Jawab, Kepedulian
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 02:02 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 02:02 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19365 |