Habibah, Umi and Noperman, Feri and Dalifa, Dalifa (2022) KORELASI ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN TIKTOK DENGAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN KAUR SELATAN KABUPATEN KAUR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI_UMI HABIBAH_A1G018027_PGSD UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara intensitas penggunaan
Tiktok dengan minat belajar IPA siswa Kelas V SD Negeri Kecamatan Kaur
Selatan Kabupaten Kaur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri
Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur yang berjumlah 250 responden. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang
diambil pada penelitian ini berjumlah 50 responden. Teknik pengumpulan data
dan instrumen penelitian ini menggunakan angket intensitas penggunaan Tiktok
dengan minat belajar IPA. Teknik analisis data menggunakan perhitungan statistik
Korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien
rhitung ≥ rtabel yaitu 0,5641 ≥ 0,279, dan sumbangan atau kontribusi variabel X
terhadap variabel Y sebesar 31,82%. Dari hasil penelitian nilai koefisien nya
positif sehingga terdapat korelasi positif, hal ini bertentangan dengan hipotesis
penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif
sehingga penggunaan Tiktok tinggi dan minat belajar IPA juga tinggi.
Kata Kunci : Intensitas Penggunaan Tiktok, Minat Belajar IPA
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 02 Aug 2024 02:05 |
| Last Modified: | 02 Aug 2024 02:05 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19366 |

