Oktarisna, Nira and Rio, Kurniawan and Agus, Joko Purwadi (2023) PEMBELAJARAN MENULIS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING (TIPE ROUND TABLE) SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 7 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![NIRA OKTARISNA 9A1A018008) 5 - Mia Tulfarika.pdf [thumbnail of NIRA OKTARISNA 9A1A018008) 5 - Mia Tulfarika.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NIRA OKTARISNA 9A1A018008) 5 - Mia Tulfarika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan
pembelajaran menulis anekdot dengan menggunakan strategi pembelajaran
kooperatif learning (tipe round table) siswa kelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota
Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah guru yang
melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia dan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) menulis anekdot dengan menggunakan strategi pembelajaran
kooperatif learning (tipe round table). Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi partisipasi pasif. Instrumen penelitian berupa lembar pedoman
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan
teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mendeskripsikan
pelaksanaan pembelajaraan menulis anekdot dengan strategi pembelajaran
kooperatif learning menggunakan tipe round table pada siswa kelas X MIPA
SMA Negeri 7 Kota Bengkulu yang dilaksanakan sesuai dengan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan kurikulum 2013, yaitu terdapat 3 tahap
pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, guru memulai
pembelajaran dengan mengucapkan salam, menyapa siswa, mengecek kehadiran,
memberi motivasi, mengaitkan pembelajaran dengan materi yang akan dipelajari.
Kegiatan inti pelaksanaan pembelajaran menulis anekdot dilaksanakan dengan
menggunakan strategi pembelajaran kooperatif learning tipe round table dan
menggunakan langkah pembelajaran round table pada saat proses pembelajaran
materi menulis anekdot berlangsung yang meliputi 5 (lima) tahap pembelajaran
yaitu pembentukan kelompok, siswa berdiskusi, siswa membuat teks anekdot,
penyampaian gagasan dan evaluasi. Kegiatan penutup, guru memberikan
kesempatan bertannya kepada siswa terkait materi anekdot yang telah dibahas dan
mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam dan tidak melakukan
refleksi terhadap pembelajaran.
Kata Kunci: Pembelajaran, Menulis Anekdot, Round Table
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 07:58 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 07:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19399 |