Rofiatul., Khofifah, Anisa and Dian Eka Chandra, Wardhana and Irma, Diani (2023) ANALISIS TEMA DAN REMA PADA CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI ANISA ROFIATUL KHOFIFAH A1A018047 - Anissa Rofi.pdf [thumbnail of SKRIPSI ANISA ROFIATUL KHOFIFAH A1A018047 - Anissa Rofi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ANISA ROFIATUL KHOFIFAH A1A018047 - Anissa Rofi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan analisis bentuk dan fungsi tema
rema pada cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini
dilakukan pada bulan Juli sampai dengan bulan Agustus 2022. Metode penelitian
yang digunakan adalah analisis wacana. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Langkah-langkah analisis wacana yang dilakukan adalah pertama membaca
dokumen cerpen siswa, kedua mengidentifikasi bagian tema dan rema, ketiga
menganalisis tema dengan teori Matthiessen tahun 2014 yaitu Tema merupakan
sebuah titik awal di mana pesan tersebut disampaikan atau menjadi subjek
kalimat, keempat analisis rema dengan teori Matthiessen tahun 2014 Rema dapat
dikatakan sebagai pesan yang akamn disampaikan, sehingga yang ditulis setelah
tema adalah rema, dan yang terakhir adalah menyimpulkan hasil analisis yang
dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis tema yang ada pada
cerpen siswa yaitu berupa tema topikal (bermarkah dan tak bermarkah), tema
tekstual dan tema interpersonal, namun di dalam cerpen tersebut didominasi
dengan tema topikal tak bermarkah, sedangkan rema yang terdapat pada cerpen
siswa berupa rema berekor dan rema tak berekor, pada rema cerpen tersebut
didominasi dengan rema tak berekor. dapat disimpulkan bahwa perbedaan
penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah pada penelitian sebelumnya
struktur tema-rema yang tersusun dalam teks abstrak kalimat deklaratif
mempunyai pengaturan yang konsisten, sedangkan struktur tema rema pada
cerpen siswa tidak konsisten atau tidak beraturan.
Kata Kunci: Analisis wacana, cerpen siswa, pembelajaran cerpen,
rema, tema.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 08:15 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 08:15 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19405 |