PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI POWTOON DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX.1 SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Agustina, Silvia and Agus, Joko Purwadi and Gumono, Gumono (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI POWTOON DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX.1 SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI BEBAS PERPUS UNIB_SILVIA AGUSTINA_A1A018065 - Silvia Agustina.pdf] Text
SKRIPSI BEBAS PERPUS UNIB_SILVIA AGUSTINA_A1A018065 - Silvia Agustina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media
pembelajaran video animasi powtoon dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa
kelas IX.1 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4
Kota. Data yang didapat dalam penelitian ini berupa data yang didapat dengan
kegiatan observasi dan juga dengan cara memberikan selebaran pertanyaan seputaran
penerapan media pembelajaran video animasi PowToon, dan sumber data dalam
penelitian ini ada dua yaitu, guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMP Negeri 4 kota
Bengkulu dan 32 siswa kelas IX.1 SMP Negeri 4 kota Bengkulu. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa 1) Penerapan media pembelajaran video animasi dalam
pembelajaran menulis cerpen ini membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran,
Sebelum melakukan proses pembelajaran peneliti melakukan koordinasi terlebih
dahulu kepada guru untuk materi yang akan dibuat agar sesuai dengan proses
pembelajaran, setelah melakukan koordinasi dengan guru peneliti baru membuat
media pembelajaran video animasi powtoon yang akan digunakan dalam proses
pembelajaran. Pembuatan media pembelajaran ini melalui beberapa tahap yaitu tahap
konsep awal, praproduksi, produksi, dan pasca produksi. 2) Pada saat proses
pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran video siswa mampu
menentukan struktur dan aspek kebahasaan dari cerpen “Abercio” yang telah
ditayangkan melalui media pembelajaran video animasi powtoon, siswa mampu
mamahami materi pembelajaran dengan baik, dapat dilihat ketika siswa mampu
membuat sebuah teks cerpen yang mereka buat sendiri dan kemudian
mempresentasikannya di depan kelas. Media pembelajaran video animasi powtoon ini
layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran namun masih ada media pembelajaran
yang lebih baik dan efektif dari powtoon itu sendiri. Karena mengingat masih ada
beberapa siswa yang mengatakan bahwa powtoon tidak berpengaruh dalam
keterampilan menulis mereka.
Kata kunci: Penerapan, Video Animasi Powtoon, Menulis Cerpen

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:20
Last Modified: 02 Aug 2024 08:20
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19408

Actions (login required)

View Item
View Item