PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI TEKS FABEL BERBASIS NILAI NILAI LOKAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Ulandari, Perti and Ria, Ariesta and Padi, Utomo (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI TEKS FABEL BERBASIS NILAI NILAI LOKAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Perti Ulandari A1A018096..._compressed - Perti Ulandari.pdf] Text
Skripsi Perti Ulandari A1A018096..._compressed - Perti Ulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) berbasis nilai-nilai lokal untuk siswa kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu
untuk mengetahui respon peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
berbasis nilai-nilai lokal untuk siswa kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Model yang
digunakan merupakan model ADDIE mempunyai 5 tahap yaitu Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation. Development), Implementasi
(Implementation). Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap implementasi. Tahap
analisis kebutuhan dan kinerja serta wawancara oleh guru dapat diambil kesimpulan bahwa
kebutuhan akan LKPD teks fabel menginginkan LKPD yang memiliki langkah kerja, contoh
pengerjaan tugas yang diberikan, serta cerita fabel yang bermuatan lokal terdapat materi
secara ringkasan dan bagian refleksi gar siswa dapat menjelasakan pemahaman mereka
tentang materi teks fabel.Tahap perancangan melakukan penyusunan LKPD berbasis nilai-
nilai lokal yang di rancang dalam tahap ini ialah sampul dari LKPD, kata pengantar, daftar
isi, kompetensi dasar dan kompetensi inti, tujuan pemeblajaran, petunjuk penggunaan
LKPD, kegiatan I sampai IV, refleksi, lembar pertanyaan serta referensi.Tahap
pengembangan melakukan pembuatan produk LKPD yang sudah dirancang dan melakukan
validasi oleh dosen ahli mendapat skor penilaian dari validator mendapatkan nilai 3,7
dengan kriteria valid dan nilai 3,6 dengan kriteria valid kemudian melakukan revisis produk.
Kemudian tahap implementasi dilakukan uji coba kelompok kecil dan besar untuk
mengetahui kemenarikan LKPD yang diujikan pada 20 siswa SMP 15 Kota Bengkulu dan
mendapatkan hasil pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase kemenarikan
LKPD 93% dengan kriteria sangat menarik. Uji coba lapangan didapat persentase
kemenarikan LKPD 93,3% dengan kriteria sangat menarik. Dari hasil validasi ahli dan uji
coba produk maka penulis dapat menyimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
berbasis nilai-nilai lokal untuk siswa kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu sangat layak
digunakan sebagai bahan ajar.
Kata Kunci: LKPD, NILAI-NILAI LOKAL, FABEL.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:38
Last Modified: 02 Aug 2024 08:38
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19415

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200