PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS IX SMPN 4 KOTA BENGKULU

Yaniarti, Yaniarti and Agus, Joko Purwadi and Catur, Wulandari (2023) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS IX SMPN 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Yaniarti_A1A018070_perpus UNIB - Yaniarti 14.pdf] Text
Skripsi Yaniarti_A1A018070_perpus UNIB - Yaniarti 14.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pengaturan pembelajaran yang menarik telah dilakukan dengan baik pada
pembelajaran menulis di SMPN 4 Kota Bengkulu sehingga meningkatkan
semangat belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan menulis teks
cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian
ini adalah guru yang melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian
pembelajaran dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks cerpen kelas
IX SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pada tahap perencanaan, guru telah memuat lengkap keseluruhan komponen RPP
meliputi meliputi identitas, KI & KD, perumusan indikator, perumusan tujuan
pembelajaran, materi ajar, sumber belajar, media belajar, model belajar, metode
belajar, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian. Semua aspek RPP telah
dimuat lengkap dalam RPP yang disusun oleh guru berdasarkan penilaian analisis
RPP, hal ini sesuai karena RPP yang disusun guru merupakan hasil modifikasi
dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Pada tahap pelaksanaan
pembelajaran menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran dengan
pendekatan saintifik yaitu: eksplorasi, elaborasi, dan penutup. Pelaksanaan
pembelajaran menggunakan model Discovery Learning, namun penggunaan
model tersebut dinilai kurang cocok dengan pelaksanaan pembelajaran
keterampilan. Penilaian pembelajaran yang dilakukan telah sesuai dengan teknik
penilaian berdasarkan Kurikulum 2013, guru telah melakukan penilaian sikap,
pengetahuan, dan keterampilan.
Kata Kunci: Cerpen, Keterampilan Menulis, Pelaksanaan Pembelajaran,
Penilaian Pembelajaran, dan Perencanaan Pembelajaran.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 09:14
Last Modified: 02 Aug 2024 09:14
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19421

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200