Sari, Febrin Puspita and Syahriman, Syahriman and Sri, Saparahayuningsih (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING BENTUK KATARSIS TERHADAP PENINGKATAN PENGENDALIAN EMOSI PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 9 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI FEBRIN PUSPITA SARI PERPUS - Febrin Puspita.pdf [thumbnail of SKRIPSI FEBRIN PUSPITA SARI PERPUS - Febrin Puspita.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FEBRIN PUSPITA SARI PERPUS - Febrin Puspita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling
kelompok dengan menggunakan teknik expressive writing bentuk katarsis
terhadap peningkatan pengendalian emosi siswa kelas VII B SMP Negeri 9
Bengkulu Tengah. Metode Penelitian ini menggunakan metode eksperimen
dengan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII B SMP Negeri 9 Bengkulu Tengah yang berjumlah 30 orang
siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dengan
jumlah sampel 6 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket.
Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik dengan rumus uji t.
Hasil penelitian yaitu 1. Pengendalian emosi siswa sebelum diberikan layanan
konseling kelompok dengan teknik expressive writing bentuk katarsis tergolong
rendah. 2. Pengendalian emosi siswa setelah diberikan layanan konseling
kelompok tergolong tinggi. 3. Terdapat pengaruh layanan konseling kelompok
dengan teknik expressive writing bentuk katarsis terhadap peningkatan
pengendalian emosi siswa kelas VII B SMP Negeri 9 Bengkulu Tengah. Hal ini
ditunjukkan dengan nilai t = -11,511 dengan taraf signifikan (2-tailed) sebesar
0,000 yang berarti 0,000 < 0,05 sehingga ditolak diterima. Temuan ini
menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik
expressive writing bentuk katarsis terhadap peningkatan pengendalian emosi
siswa dikelas VII B SMP Negeri 9 Bengkulu Tengah.
Kata kunci : Pengendalian Emosi, Konseling Kelompok, Teknik Expressive
Writing bentuk Katarsis
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:07 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19446 |