Fadhilah, Annisa Alya and Euis, Nursaadah and Indra, Sakti (2023) REKONSTRUKSI BAHAN AJAR IPA BERBASIS MER (Model of Educational Reconstruction) TENTANG PENGETAHUAN LOKAL MASYARAKAT PADA TANAMAN JARAK PAGAR TERINTEGRASI MATERI PARTIKEL PENYUSUN BENDA DAN MAKHLUK HIDUP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi-Annisa Alya Fadhilah_compressed - Annisa Alya.pdf [thumbnail of Skripsi-Annisa Alya Fadhilah_compressed - Annisa Alya.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi-Annisa Alya Fadhilah_compressed - Annisa Alya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Pembelajaran IPA merupakan salah satu pembelajaran yang dapat digunakan dengan
pendekatan etnosains. Pembelajaran yang memadukan etnosains dan sains ilmiah
mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep sains ilmiah
dan pembelajaran lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan merekonstruksi bahan
pembelajaran IPA yang terintegrasi dengan pengetahuan lokal jarak pagar (Jatropha
curcas L) menggunakan MER (Model of Educational Reconstruction). Prosedur
pengembangan bahan ajar menggunakan model RnD (Research and Development)
dengan 3 tahapan, yaitu Define, Design, dan Develop. Berdasarkan hasil analisis konsepsi
peserta didik pada tahap define, sebanyak 62,68% peserta didik tidak paham konsep
terhadap materi tersebut, sehingga perlu dimunculkan konteks etnosains dalam bahan
ajar agar peserta didik lebih memahami konsep. Berdasakan hasil validasi para ahli
dengan mendapatkan skor 0,895 dan 0,87 dengan kriteria layak dan bisa digunakan.
Kata Kunci: MER, bahan ajar, etnosains, Jarak pagar ( Jatropha curcas L)
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 02:16 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 02:16 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19483 |