Putra, Deka Sa’bansyah and Nurul, Astuty Yensy and Nur, Aliyyah Irsal (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 01 BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_DEKA SA'BANSYAH PUTRA_A1C018023 _compressed (1)_compressed - 023 Deka Sa'bansyah Putra.pdf [thumbnail of SKRIPSI_DEKA SA'BANSYAH PUTRA_A1C018023 _compressed (1)_compressed - 023 Deka Sa'bansyah Putra.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_DEKA SA'BANSYAH PUTRA_A1C018023 _compressed (1)_compressed - 023 Deka Sa'bansyah Putra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, kepraktisan, dan
efektifitas pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis penemuan
terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 01
Bengkulu Utara.Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan model 4-D
Thiagrajan dengan tahapan yaitu tahap pendefinisian, perancangan,
pengembangan, dan penyebaran. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar
validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu:
(1) Analisis validasi LKPD menggunakan analisis deskriptif dan kategori validitas
LKPD dapat dilihat menggunakan Teknik kecenderungan, (2) Analisis
kepraktisan LKPD menggunakan Teknik kecenderungan berdasarkan hasil dari
lembar kepraktisan peserta didik, (3) Analisis efektifitas LKPD dilihat dari Tes
Hasil Belajar dan didukung oleh aktifitas peserta didik dan respon peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan lembar kerja peserta didik
berbasis penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII
SMP Negeri 01 Bengkulu termasuk dalam kategori: (1) Sangat Valid berdasarkan
32 aspek penilaian yang terdiri dari 14 aspek penilaian materi, 14 aspek penilaian
konstruksi, 4 aspek penilaian bahasa, (2) Sangat praktis berdasarkan 9 aspek
penilaian kepraktisan, (3) Efektif berdasarkan Tes Hasil Belajar dengan skor rata-
rata sebesar 78,10 dan didukung oleh aktifitas peserta didik dan respon peserta
didik.
Kata Kunci: LKPD, Penemuan Terbimbing
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 03:54 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 03:54 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19501 |