DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 04 BENGKULU UTARA

Sari, Wayan Natalia Permata and Nur, Aliyyah Irsal and Nurul, Astuty Yensy (2023) DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 04 BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi_Wayan Natalia Permata Sari - Wayan Natalia Permata Sari.pdf] Text
Skripsi_Wayan Natalia Permata Sari - Wayan Natalia Permata Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan serta
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik
dalam menyelesaikan soal matematika materi perbandingan. Jenis penelitian ini
adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
menggunakan tes diagnostik dan wawancara diagnostik. Subjek penelitian ini
ialah kelas VII-1 SMP Negeri 04 Bengkulu Utara yang berjumlah 20 peserta didik.
Tes diagnostik berupa tes tertulis yang terdiri dari 6 soal uraian yang telah valid
berdasarkan pendapat ahli. Tes diagnostik diberikan kepada seluruh peserta didik,
sedangkan wawancara dilakukan kepada peserta didik yang melakukan kesalahan
saat menyelesaikan soal tes yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1) jenis-jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik berupa kesalahan konseptual
59,16%; kesalahan prosedural 60,83%; dan kesalahan berhitung 13,33%; 2) faktor
penyebab yang dilakukan peserta didik sehingga melakukan kesalahan pada saat
mengerjakan soal yang diberikan meliputi: a) kurang memahami konsep dan
materi perbandingan, b) kurang teliti dalam mengerjakan soal, dan c) kurang
terampil dalam berhitung.
Kata Kunci: Deskriptif, Diagnosis Kesalahan, Perbandingan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:58
Last Modified: 06 Aug 2024 03:58
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19502

Actions (login required)

View Item
View Item