Nopiana, Helda and Rufran, Zulkarnain and Sofino, Sofino (2023) PELAKSANAAN SISTEM PENILAIAN AKREDITASI (SISPENA) SECARA ONLINE OLEH ASESI AKREDITASI (Studi Kasus Pada Tiga PKBM Di Kota Bengkulu Yang Sudah Mengikuti Pelatihan Dari BAN Pusat). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![PDF helda nopiana 009 pnf - Helda Noviana.pdf [thumbnail of PDF helda nopiana 009 pnf - Helda Noviana.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PDF helda nopiana 009 pnf - Helda Noviana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan
pengisian Sistem Penilain Akreditasi (Sispena) bagi tiga PKBM yang
mengikuti pelatihan
Piloting yang di selenggarakan Badan Akredutasi
PAUD dan PNF Pusat . Latar belakang penelitian ini ingin mengetahui
proses lembaga dalam mengakses aplikasi Sistem Penilain Akreditasi
(Sispena) dari tahapan login menggunkan NPSN sampai pada tahap
upload dokumentas program lembaga. Metode penelitian ini, penelitian
kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik
wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik validasi data
menggunakan teknik triangulasi waktu, triangulasi subjek dan triangulasi
teknik, subjek penelitian adalah ketua PKBM Kapuas Indah, Ketua PKBM
Songgo Langit dan Oprator PKBM PP Hidayatul Qomariah, ketiga subjek
tersebut adalah peserta piloting aplikasi Sisepna 3.0. Landasan teori yang
digunakan yaitu panduan pengisian aplikasi sispena dari BAN Pusat.
Adapun yang didapat dari penelitian ini yaitu pertama lembaga tidak
mengalami kendala dalam menginput user name dan pasword lembaga,
login menggunkan user name dan NPSN yang terdaptar di Dapodik dan
yang dipersiapkan pihak lembaga untuk menginput user name dan
pasword NPSN yang terdaptar di Dapodik, kedua yang di persiapkan
lembaga untuk mengecek profil lembaga singkron dengan Dapodik yakni
lembaga harus upload data di Dapodik sesuai dengan data terbaru
lembaga, ketiga data yang di update seperti program pembelajaran,
kepengurusan dan warga belajar dan kelancaran asesi dan lembaga harus
update data program lembaga di aplikais sispena. Keempat uuntuk
menginput data EDS-PA dapat yang perlu dipersiapkan lembaga adalah
Kurikulum Tingkat Satuan Penddiikan (KTSP). Kelima faktor penghambat
apabila lembaga tidak update data di Dapodik dan sispena maka lembaga
tidak dapat mengajukan akredotasi dan keenam faktor pendukung dalam
mengakses aplikasi sispena yaitu lembaga sudah mendapatkan
pelatihan piloting aplikasi sipena.
Kata Kunci : Sispena, Dapodik, Akreditasi
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 04:10 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 04:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19505 |