Repriani, Reva Sefti and Victoria, Karjiyati and Feri, Noperman (2023) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF (PTK PADA SISWA KELAS VI B SD N 09 KOTA BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![BEBAS PUSTAKA UNIB_REVA SEFTI REPRIANI_NPM.A1G018068 - Reva Sefti Repriani.pdf [thumbnail of BEBAS PUSTAKA UNIB_REVA SEFTI REPRIANI_NPM.A1G018068 - Reva Sefti Repriani.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BEBAS PUSTAKA UNIB_REVA SEFTI REPRIANI_NPM.A1G018068 - Reva Sefti Repriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model discovery learning
berbantuan alat peraga manipulatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas 6 SDN 09 Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 6 SDN 09
Kota Bengkulu. Instrumen penilaian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik
analisis data menggunakan rumus rata-rata dan presentase kentuntasan belajar klasikal.
Data hasil observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor
terendah, selisih skor dan kisaran skor untuk tiap kriteria. Hasil rata-rata aktivitas guru
pada siklus I diperoleh skor 35 (B) dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh skor
42,5 (SB). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 34,5 (B) dan mengalami
peningkatan pada siklus II dengan skor 42 (SB). Sedangkan untuk hasil belajar siswa
aspek pengetahuan pada siklus Irata-rata hasil belajar siswa 63,56 dengan ketuntasan
belajar klasikal 64 % mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh nilai rata-
rata hasil belajar siswa 80,56 dengan ketuntasan belajar klasikal 88%. Berdasarkan hal
tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan
alat peraga manipulatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Discovery Learning, Alat Peraga Manipulatif, Aktivitas Pembelajaran, Hasil
Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 07:35 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 07:35 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19525 |