Aprilia, Isnainiatun and Herman, Lusa and Nani, Yuliantini (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMANTIK KELAS V SDN 126 REJANG LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Isnainiatun Aprilia Bebas Unib_compressed - Antoni Ferdiansyah.pdf [thumbnail of Isnainiatun Aprilia Bebas Unib_compressed - Antoni Ferdiansyah.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Isnainiatun Aprilia Bebas Unib_compressed - Antoni Ferdiansyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Problem Based
Learning (PBL) berbantuan media powerpoint dalam meningkatkan motivasi
dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN 126 Rejang
Lebong. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek pada
penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 126 Rejang Lebong tahun ajaran
2022-2023. Jumlah siswa kelas V yaitu 23 siswa dengan 15 siswa laki-laiki dan
8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi
dan tes. Instrument penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik
analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL)
berbantuan media powerpoint dapat meningkatkan motivasi dan prestasi
belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari rata-rata motivasi belajar siswa siklus
I sebesar 12,43 meningkat pada siklus II sebesar 13,99 dan pada rata-rata
prestasi belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I sebesar 71,73
dengan ketuntasan belajar 60,86% meningkat pada siklus II sebesar 81,30
dengan ketuntasan belajar 82,60% dan mata pelajaran IPA pada siklus I sebesar
75,21 dengan ketuntasan belajar 69,56% meningkat pada siklus II sebesar
89,13 dengan ketuntasan belajar 86,95%. Dengan demikian, penerapan model
Problem Based Learning (PBL) berbantuan media powerpoint dapat
meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik
kelas V SDN 126 Rejang Lebong.
Kata Kunci: Model, Probem Based Learning, powerpoint, Motivasi Belajar,
Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 07:46 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 07:46 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19529 |