PENGEMBANGAN E-MODUL PENINGGALAN SEJARAH KOLONIALISME INGGRIS DI BENGKULU BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS V SEKOLAH DASAR

Putri, Nabila Khansa and Pebrian, Tarmizi and Panut, Setiono (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PENINGGALAN SEJARAH KOLONIALISME INGGRIS DI BENGKULU BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS V SEKOLAH DASAR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Nabila Khansa Putri-A1G018050-PGSD-UNIB-SYARAT BEBAS PERPUSTAKAAN - Nabila Khansa Putri.pdf] Text
Nabila Khansa Putri-A1G018050-PGSD-UNIB-SYARAT BEBAS PERPUSTAKAAN - Nabila Khansa Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan E-Modul pembelajaran
tematik terpadu berbasis discovery learning pada tema 7 subtema 1
pembelajaran 1 & 2 di kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah
Research and Development (R&D) dengan model Model pengembangan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE. Instrumen yang
digunakan adalah lembar validasi produk, angket tanggapan guru, dan
angket tanggapan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif kualitatif dengan mengolah data berupa catatan, saran
atau komentar hasil validasi ahli, angket tanggapan guru dan peserta
didik serta analisis kuantitatif dengan mengolah data berupa skor dari
hasil penilaian validasi ahli, angket tanggapan guru, dan peserta didik.
Hasil validasi ahli materi menunjukkan nilai sebesar 92,9% ,validasi ahli
media menunjukkan nilai sebesar 97% dengan kategori sangat valid dan
validasi ahli bahasa menunjukkan nilai sebesar 93,3% dengan kategori
sangat valid. Di samping itu, tanggapan guru menunjukkan nilai sebesar
93,7% dan hasil uji coba memperoleh rentang nilai 0,7 dengan kategori
sedang, artinya, bahan ajar layak digunakan serta tanggapan peserta didik
menunjukkan nilai sebesar 89,64% dengan kategori sangat baik dapat
digunakan dalam pembelajaran. Hasil penilaian secara keseluruhan
menunjukkan bahwa E-Modul peninggalan sejarah kolonialisme Inggris
di Bengkulu berbasis discovery learning sangat layak dan efektif untuk
digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci : E-Modul, Sejarah Lokal, Pembelajaran Tematik Terpadu

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:59
Last Modified: 06 Aug 2024 07:59
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19532

Actions (login required)

View Item
View Item