Ul ‘Alimah, Nisa and Endang, Widi Winarni and Irfan, Supriatna (2023) STUDI DESKRIPTIF KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB SERTA PENANGANANNYA PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI 03 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![NISA UL ‘ALIMAH__compressed - Nisa ul 'Alimah.pdf [thumbnail of NISA UL ‘ALIMAH__compressed - Nisa ul 'Alimah.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NISA UL ‘ALIMAH__compressed - Nisa ul 'Alimah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesulitan belajar
matematika materi FPB serta upaya penangannnya pada siswa kelas IV A SD Negeri 03
Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan
teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan analisis dokumen latihan soal. Aspek
yang diteliti adalah pembelajaran matematika materi FPB untuk mengidentifikasi kesulitan
dan upaya guru dalam menanganinya. Berdasarkan hasil penelitian, maka ditemukan empat
kesulitan belajar (1) penanaman konsep, berupa penyajian materi pembelajaran yang
terlalu monoton hanya menggunakan metode ceramah tanpa alat peraga matematika atau
media pembelajaran. (2) pemahaman konsep, mengenai kesulitan konsep faktor bilangan,
konsep pangkat bilangan dalam menuliskan hasil faktorisasi prima, dan kesulitan
pemahaman prosedur penyelesaian soal cerita. (3) pembinaan keterampilan, berupa
kesalahan melakukan operasi hitung dalam menjawab soal, yaitu kesalahan pada
perhitungan perkalian dan pembagian dalam menyelesaikan soal, serta kesalahan dalam
prosedur menyelesaikan soal. (4) penerapan konsep, berupa kesalahan dalam
menyelesaikan soal cerita dengan tidak menggunakan langkah-langkah penyelesaian soal
dengan benar, sehingga tidak memecahkan permasalahan pada soal. Upaya yang dilakukan
guru dalam menangani kesulitan belajar siswa adalah dengan (1) melakukan tanya jawab
kepada siswa. (2) mengulang materi pembelajaran sebelum memasuki materi baru. (3)
memberikan bimbingan belajar matematika secara individu. (4) melatih siswa dengan
latihan-latihan soal.
Kata kunci: kesulitan belajar, matematika, materi KPK dan FPB.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 07:59 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 07:59 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19533 |