Mahdiyah, Mufidah and Pebrian, Tarmizi and Panut, Setiono (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PENINGGALAN SEJARAH KOLONIALISME BELANDA DI BENGKULU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS V SEKOLAH DASAR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![PGSD-MUFIDAH MAHDIYAH-A1G018043-PUSTAKA UNIB. - Mufidah M.pdf [thumbnail of PGSD-MUFIDAH MAHDIYAH-A1G018043-PUSTAKA UNIB. - Mufidah M.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD-MUFIDAH MAHDIYAH-A1G018043-PUSTAKA UNIB. - Mufidah M.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
E-Modul peninggalan sejarah kolonialisme Belanda di Bengkulu pada
pembelajaran tematik terpadu kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah
Research and Development (R&D) dengan model ASSURE. Instrumen
yang digunakan adalah lembar validasi produk, angket tanggapan guru,
dan angket tanggapan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
analisis statistik deskriptif terhadap hasil penilaian validasi ahli,
tanggapan guru, dan tanggapan siswa serta analisis deskriptif kualitatif
terhadap komentar dan saran dari validasi ahli, tanggapan guru, dan
tanggapan siswa. Hasil validasi ahli materi menunjukkan nilai sebesar
92% dan validasi ahli media menunjukkan nilai sebesar 97,5% dengan
kategori sangat valid. Disamping itu, tanggapan guru menunjukkan nilai
sebesar 89% dan tanggapan siswa menunjukkan nilai sebesar 94,33%.
Hasil validasi keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran
E-Modul peninggalan sejarah kolonialisme Belanda di Bengkulu sangat
valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa E-Modul dikembangkan melalui tahap analisis
karakteristik peserta didik; menetapkan tujuan pembelajaran; memilih
strategi, teknologi, media dan materi; pemanfaatan tekologi, media dan
materi; melibatkan partisipasi peserta didik; serta evaluasi dan revisi.
Kata Kunci : E-Modul, Sejarah Lokal, Pembelajaran Tematik Terpadu
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 08:09 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 08:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19537 |