PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN GUGUS 12 KOTA BENGKULU

Ginantia, Rahma and Endang, Widi Winarni and Abdul, Muktadir (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN GUGUS 12 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_RAHMA GINANTIA_PGSD _FKIP_UNIB - Rahma Ginantia.pdf] Text
SKRIPSI_RAHMA GINANTIA_PGSD _FKIP_UNIB - Rahma Ginantia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap hasil
belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri
Gugus 12 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi
eksperimental design. Dengan jenis desain “the matching only pretest-
posttest control group design”. Populasi dalam penelitian ini adalah SD
Negeri Gugus 12 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian
ini kelas IV SDN 81 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas
IV SDN 99 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian
yang digunakan berupa pretest dan posttest hasil belajar kognitif IPA
yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis
data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan
jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Dari hasil
perhitungan uji-t nilai posttest hasil belajar kognitif IPA siswa, yaitu
thitung = 8,87 lebih besar dari nilai ttabel = 1,67. Hal itu menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai posttest kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil perbedaan nilai posttest
hasil belajar kognitif siswa, terdapat pengaruh yang signifikan dengan
skala 5% penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning
berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar kognitif siswa pada
mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Gugus 12 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media
Audio Visual, Hasil Belajar Kognitif, Pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:31
Last Modified: 06 Aug 2024 08:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19548

Actions (login required)

View Item
View Item