Nurfadilah, Afifah and Resnani, Resnani and Abdul, Muktadir (2023) ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV A SDN 05 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI-AFIFAH NURFADILAH-PGSD-_compressed - Afifah Nur Fadillah.pdf [thumbnail of SKRIPSI-AFIFAH NURFADILAH-PGSD-_compressed - Afifah Nur Fadillah.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-AFIFAH NURFADILAH-PGSD-_compressed - Afifah Nur Fadillah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di
kelas IV A di SDN 05 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe snowball throwing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas IV A yang berjumlah
34 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar
tes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik tes.Teknis
analisis data lembar observasi menggunakan rumus nilai rata-rata skor, skor
tertinggi, skor terendah, selisih skor dan rentang nilai untuk setiap kriteria. Data tes
dianalisis menggunakan rumus rata-rata dan persentase ketuntasan belajar klasikal.
Hasil observasi aktivitas guru rata-rata skor siklus I sebesar 65 kategori baik
meningkat pada siklus II menjadi 92 kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas
siswa rata-rata skor siklus I sebesar 65 kategori baik, meningkat pada siklus II
menjadi 94,5 kategori sangat baik. Hasil belajar siswa aspek sikap rata-rata skor
siklus I sebesar 9,11 kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 11,14 kategori
sangat baik. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan mata pelajaran Bahasa
Indonesia siklus I rata-rata 68,52 dengan ketuntasan belajar klasikal 61,76%
meningkat pada siklus II menjadi 81,61 dengan ketuntasan belajar klasikal 82,35%.
Hasil belajar pada mata pelajaran IPA pada siklus I rata-rata 73,08 dengan
ketuntasan belajar klasikal 73,52% meningkat pada siklus II menjadi 78,23 dengan
ketuntasan belajar 85,29%. Hasil belajar aspek keterampilan rata-rata skor siklus I
sebesar 6,02 kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 7,46 kategori sangat
baik. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball
throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran
Tematik di kelas IV A SDN 05 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing,
Aktivitas, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 08:42 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 08:42 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19551 |