PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE

Rully Fauzan, Muhammad and Sularsih, Anggarawati and Rina, Suthia Hayu (2021) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
skripsi rully acc.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi internet yang begitu pesat, membuat suatu persaingan
bisnis semakin ketat. Hal ini menuntut para produsen untuk lebih berfikir kritis,
kreatif dan juga inovatif dalam memenuhi kebutuhan manusia yang kini semakin
beragam. Dengan kemajuan teknologi internet saat ini, banyak konsumen yang
menggunakan aplikasi belanja online untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu
aplikasi belanja online yang sedang mengalami peningkatan pesat adalah Shopee.
Beberapa bulan terakhir, perusahaan marketplace Shopee ini menempati urutan
pertama sebagai e-commerce dengan total pengunjung website bulanan terbanyak
di Indonesia. Hal ini terjadi karena prestasi yang dimiliki oleh Shopee yaitu
keberhasilan promosi dalam waktu yang singkat. Selain itu, marketplace ini tidak
lepas dari penilaian review konsumen mengenai produk serta berbagai macam
produk dengan harga yang terjangkau. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk menguji model empiris dari keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh
variabel online customer review dan harga terhadap individu atau pengguna
marketplace Shopee di Indonesia.
Keputusan pembelian merupakan proses panjang yang dimiliki konsumen
dalam mempertimbangkan keinginanannya terhadap produk atau merek yang
berada di pasar. (Kotler & Keller, 2013). Online customer review adalah fasilitas
yang mengijinkan konsumen untuk secara bebas dan mudah menulis komentar
dan pendapat mereka secara online mengenai berbagai produk ataupun pelayanan
yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap purchase decision dari seorang
pengunjung dan merupakan bagian dari Electronic Word of Mouth (EWOM), yaitu
murni dari pendapat dan ulasan langsung dari seseorang dan bukan sebuah iklan
(Elwalda, Kevin & Maged., 2016). Harga adalah sejumlah uang yang ditagihkan
atas sesuatu produk atau jasa atau jumlah dari nilai yang ditukarkan para
konsumen untuk memperoleh manfaat dari memiliki atau menggunakan suatu
produk atau jasa (Kotler & Armstrong, 2008).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dimana
terdapat pengujian hipotesis. Dalam penelitian ini terdapat 3 hipotesis yang di uji,
pertama menguji pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian,
kedua menguji pengaruh harga terhadap keputusan pembelian dan ketiga menguji
pengaruh online customer review dan harga secara simultan terhadap keputusan
pembelian. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran
kuesioner online. Pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian adalah
purposive sampling dengan kriteria tertentu seperti pengguna atau konsumen
marketplace Shopee di Indonesia dalam kurun waktu minimal 6 bulan terakhir.
Jumlah responden dalam penelitian ini yang diolah adalah sebanyak 400 responden. Kemudian data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan metode
analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Online customer review secara
parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada
marketplace Shopee di Indonesia, yang berarti semakin baik tingkat online
customer review akan berdampak pada semakin baik pula tingkat keputusan
pembelian pada marketplace Shopee di Indonesia. 2) Harga secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada
marketplace Shopee di Indonesia, yang berarti semakin baik tingkat harga akan
berdampak pada semakin baik pula tingkat keputusan pembelian pada
marketplace Shopee di Indonesia. 3) Online customer review dan harga
mempunyai pengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan
pembelian pada marketplace Shopee di Indonesia, yang berarti semakin baik
tingkat online customer review dan harga akan berdampak pada semakin baik pula
tingkat keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Indonesia.
Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini yaitu, penelitian ini
menunjukkan bahwa online customer review dan harga berpengaruh positif dan
signifikan secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian pada
marketplace Shopee di Indonesia. Adapun saran praktis dalam penelitian ini bagi
penjual agar dapat terus meningkatkan online customer review yaitu dengan
memberikan informasi produk yang sesuai dengan barang yang dijual. Shopee
juga perlu untuk meningkatkan kepercayan terhadap perusahaan dengan cara
meningkatkan kredibilitas dari penjual yang berada disana dan Shopee dapat
membandingkan situs platform lain, menggabungkan kelebihannya sehingga
konsumen dapat tertarik dan mengambil keputusan pembelian pada marketplace
Shopee

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 06 Aug 2024 09:16
Last Modified: 06 Aug 2024 09:16
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19557

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200