PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PEMANASAN GLOBAL BERDASARKAN PEMODELAN PARAMETER CUACA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Fitria, Jeni and Rendy, Wikrama Wardana and Henny, Johan (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PEMANASAN GLOBAL BERDASARKAN PEMODELAN PARAMETER CUACA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of (TESIS) JENI FITRIA A2L020005 - Jeni Fitria.pdf] Text
(TESIS) JENI FITRIA A2L020005 - Jeni Fitria.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan e-modul interaktif pemanasan global
berdasarkan pemodelan parameter cuaca untuk meningkatkan keterampilan
berpikir kritis siswa. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D)
dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: tahap analysis, tahap
design, tahap development, tahap implementation, dan tahap evaluation. Pada tahap
implementation e-modul interaktif dilakukan uji coba skala terbatas menggunakan
metode pre-eksperimen desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian yaitu
29 siswa kelas XI IPA A SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Alat yang digunakan dalam
penelitian yaitu perangkat keras (hardware) berupa laptop/komputer/handphone,
perangkat lunak atau software Grid Analysis and Display System (GrADS) dan
software Flip PDF Professional. Instrumen penelitian terdiri dari lembar angket
pendahuluan, lembar soal keterampilan berpikir kritis, lembar validasi produk,
lembar validasi instumen tes, lembar angket respon siswa, dan lembar angket
respon guru. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi,
studi pustaka, studi dokumen, dan tes. Pengembangan menghasilkan e-modul
interaktif pemanasan global beserta perangkatnya: (1) Pemodelan parameter cuaca
suhu udara, tekanan udara, kelembaban udara dan curah hujan, (2) E-modul
interaktif dengan kategori sangat layak digunakan, dengan persentase pada aspek
kegrafisan sebesar 88,29%, aspek media sebesar 83,33%, aspek bahasa sebesar
83,33%, aspek penyajian sebesar 85,19%, dan aspek materi/isi sebesar 83,33%,
(3) Hasil analisis respon siswa dan guru dengan rata-rata persentase masing-masing
83,90% dan 90,28% yang masuk ke kategori sangat baik, (4) Data peningkatan
keterampilan berpikir kritis siswa dari nilai pretest dan posttest diperoleh N-gain
sebesar 0,72 yang berarti terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dan
berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t-hitung sebesar 38,600 dan t-tabel untuk
df=28 adalah 2,048. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel dengan
nilai probabilitas (sig.) 0,000 lebih kecil dari 0,05, artinya terjadi peningkatan yang
signifikan antara keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah
menggunakan e-modul yang dikembangkan.
Kata kunci: e-modul interaktif, pemanasan global, parameter cuaca, keterampilan
berpikir kritis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:08
Last Modified: 07 Aug 2024 03:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19595

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200