PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS NARASI BERBASIS LITERASI WISATA LOKAL PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF

Marlina, Marlina and Abdul, Muktadir and Bambang, Parmadie (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS NARASI BERBASIS LITERASI WISATA LOKAL PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Marlina A2G020025 (PENDAS). ok_compressed (1) - Marlina.pdf] Text
Marlina A2G020025 (PENDAS). ok_compressed (1) - Marlina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi, bahasa, desain, dan
respon siswa, serta efektifitas produk hasil pengembangan bahan ajar menulis
narasi berbasis literasi wisata lokal pada kelas IV Sekolah Dasar untuk
meningkatkan hasil belajar aspek kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian
Research and Development (R&D). Model yang digunakan pada pengembangan
adalah model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa SDN 006 Bengkulu Utara,
berjumlah 20 siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol dan 20 siswa kelas IV B
sebagai kelas eksperimen. Instrumen digunakan dalam penelitian adalah pedoman
wawancara, angket dan tes berupa soal essay melalui pretest dan posttest. Untuk
mengukur efektifitas dilakukan tes dua kali yaitu sebelum dan sesudah
pembelajaran berlangsung di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis
data dalam penelitian adalah analisis validasi dengan menggunakan Aiken’s V,
reabilitas Interrater Reliability, dan tanggapan siswa, serta analisi kuantitatif
dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi
materi, bahasa, desain, dan respon siswa, terhadap bahan ajar sangat layak dan baik
digunakan dalam pembelajaran sehingga siswa senang dan tertarik belajar. Hasil
efektifitas bahan ajar efektif berpengaruh terhadap bahan ajar menulis narasi.
Dilihat dari hasil nilai Signifikansi yaitu 0,00 lebih kecil dari pada α = 0,05.
Berdasarkan uji gain-score dari penggunaan bahan ajar memberikan hasil nilai gain
score yang sedang yaitu 64%. Hasil efektifitas 1,45>1 maka terdapat perbedaan
efektifitas antara kelas kontrol dan kelas ekperimen. Sehingga pemahaman siswa
terhadap bahan ajar menulis narasi berbasis literasi wisata lokal lebih tinggi dari
siswa yang hanya menggunakan buku paket dari sekolah sehingga dinyatakan
efektif.
Kata kunci: Menulis narasi, Literasi Wisata Lokal, Kognitif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:21
Last Modified: 07 Aug 2024 03:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19598

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200