Suntani, Utui Tatang and Sudarwan, Danim and Fitri, April Yanti (2023) PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI AKADEMIK KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN SOSIAL PADA GURU SMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![disertasi utui tatang fikkkksss_compressed - Tutui Tatang.pdf [thumbnail of disertasi utui tatang fikkkksss_compressed - Tutui Tatang.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
disertasi utui tatang fikkkksss_compressed - Tutui Tatang.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pelayanan supervisi kepada guru
merupakan salah satu variabel penting dalam organisasi yang mempengaruhi
kompetensi guru. Penelitian ini dilaksanakan pada empat SMA di kabupaten
Lahat, yaitu SMA Negeri 1 Lahat, SMA Negeri 2 Lahat, SMA Negeri 3 Lahat,
SMA Negeri 4 Lahat dan SMA Negeri 1 Merapi Barat. Keempat sekolah
tersebut dipilih karena pelaksanaan supervisi sudah dilakukan dengan baik,
namun perlu dilakuakan pengembangan, terutama pelibatan tenaga pendidik
(guru).
Penelitian ini bertujuan , (1) mengetahui kebutuhan yang diperlukan
guru dalam pelaksanaan supervisi akademik; (2) membuat desain model
supervisi akademik kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik
dan sosial pada guru SMA; (3) menguji kelayakan model supervisi akademik
kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan sosial pada guru
SMA; (4) mengetahui efektivitas implementasi model supervisi akademik
kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan sosial pada guru
SMA di kabupeten Lahat .
Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah model pengembangan Four-D. Hasil penelitian didapatkan dari
hasil skor pengujian validasi yang diperoleh dari masing-masing validator
model, media dan bahasa diberikan keputusan bahwa pada validasi model
supervisi kolaboratif memperoleh skor rerata 81%, 83 %, dan 87%. Dari
perhitungan statistik uji kelompok luas diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar
0,000 < 0,05. Berdasarkan aturan pengambilan keputusan statistik jika nilai
sig. (2-tailed) < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara PKG 1
dan PKG 2. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa setelah diuji dengan
sample luas penerapan model supervisi akademik kolaboratif layak untuk
diterapkan karena terbukti meningkatkan kompetensi pedagogik dan
kompetensi sosial di SMA Kabupaten Lahat. Supervisi akademik kolaboratif
ini merupakan sebuah inovasi dan pengembangan kegiatan supervisi yang
mengedepankan unsur kolaboratif yang menjadi solusi untuk meningkatkan
kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial guru terutama guru dan kepala
sekolah.
Kata Kunci: Model, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, Supervisi
Akademik Kolaboratif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 04:59 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 04:59 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19622 |