Hamdan, Hamdan and Safnil, Safnil and Sudarwan, Danim (2023) OMOSI DAN REALISASI LINGUISTIK DALAM PENDAHULUAN ARTIKEL JURNAL NASIONAL DAN INTERNASIONAL BIDANG PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![fiks disertasi Hamdan A3K018009 - Hamdan Universitas PGRI Silampari.pdf [thumbnail of fiks disertasi Hamdan A3K018009 - Hamdan Universitas PGRI Silampari.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
fiks disertasi Hamdan A3K018009 - Hamdan Universitas PGRI Silampari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Strategi promosi mengunakan centrality claims dan metadiscourse
markers di bagian pendahuluan artikel sangat penting untuk menunjukkan
pernyataan penulis pada pendahuluan artikel, tetapi penulis humaniora masih
rendah dalam keterampilan untuk strategi promosi. Penelitian ini menyelidiki
perbedaan penggunaan centrality claims dan metadiscourse markers oleh penulis
nasional dan internasional pada penulisan pendahuluan artikel. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan penggunaan centrality claims dan
metadiscourse markers oleh penulis nasional dan internasional dalam penulisan
pendahuluan artikel di linguistik terapan. Delapan puluh artikel dipilih dari empat
jurnal nasional terakreditasi dan empat jurnal internasional bereputasi dalam
linguistik terapan yang menjadi korpus penelitian ini. Penelitian ini mengunakan
metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan content analysis. Penelitian
menunjukkan bahwa rata-rata setiap artikel jurnal Internasional bereputasi
menggunakan 3,15 appeal dan jurnal nasional terakreditasi 1,91 appeal dari jenis
yang berbeda. Dua jenis appeal (yaitu, appeal to salience dan appeal magnitude)
lebih sering digunakan oleh penulis nasional dan internasional dari pada dua jenis
appeal yang lainnya. Pengunaan Metadiscourse Markers interaktif 281 fitur di
jurnal nasional terakreditasi, 344 fitur di jurnal internasional bereputasi,
sedangkan Metadiscourse markers interaksional 127 fitur pada jurnal nasional
terakreditasi, 166 fitur di jurnal internasional bereputasi. Data juga
mengungkapkan bahwa, meskipun tidak signifikan, ada korelasi antara peringkat
jurnal dan frekuensi appeal yang digunakan di pendahuluan Artikel Jurnal
Penelitian. Dengan demikian, pengunaan centrality claims dan metadiscourse
markers sangat penting untuk peningkatan kualitas penulisan artikel khususnya
pada pendahuluan artikel. untuk menarik perhatian pembaca pada topik penelitian
yang dilakukan sehingga pembaca ingin membaca seluruh artikel.
Kata kunci: Centrality Claim, Interaktif, Interaksional, Metadiscourse Markers,
Realisasi Linguistik, Strategi Promosi,
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 07:22 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 07:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19627 |