PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU

Ramadanti, Destry and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Arsyadani, Mishbahuddin (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of DESTRY RAMADANTI (A1L019019) BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Destry Ramadanti.pdf] Text
DESTRY RAMADANTI (A1L019019) BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Destry Ramadanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh layanan bimbingan
kelompok teknik diskusi terhadap kejenuhan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri
22 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen
dengan one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII A SMP Negeri 22 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 siswa.
Sampel penelitian dengan jumlah sampel 8 siswa diambil dengan teknik purposive
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kejenuhan belajar
dengan skala Likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tingkat kejenuhan belajar sebelum diberikan
layanan bimbingan kelompok teknik diskusi skor rata-rata 125,75 dengan kategori
tinggi. Skor rata-rata setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik
diskusi 92,75 kategori rendah. Hasil uji-t menunjukkan nilai 7,730. Diketahui
hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik
diskusi terhadap kejenuhan belajar. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan
layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat dijadikan salah satu pilihan
program bimbingan dan konseling di sekolah yang perlu diterapkan oleh guru BK
untuk mencegah kejenuhan belajar siswa.
Kata Kunci: Kejenuhan Belajar, Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 07:58
Last Modified: 07 Aug 2024 07:58
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19637

Actions (login required)

View Item
View Item