PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 MAN 01 BENGKULU UTARA

Febriyanti, Indri and Sri, Saparahayuningsih and Arsyadani, Mishbahuddin (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 MAN 01 BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of FILE_SKRIPSI_INDRI FEBRIYANTI_A1L019015_BIMBINGAN DAN KONSELING - Aulia indah Sari.pdf] Text
FILE_SKRIPSI_INDRI FEBRIYANTI_A1L019015_BIMBINGAN DAN KONSELING - Aulia indah Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan teknik Self-Management terhadap motivasi peserta
didik kelas X IPS 2 MAN 01 Bengkulu Utara. Penelitian kuantitatif dengan desain
eksperimen menggunakan subjek 9 orang peserta didik. Data dikumpulkan dengan
menggunakan angket motivasi belajar. Data dianalisis menggunakan rumus uji-t.
dengan hasil nilai t = -27,618 (p < 0,05) ini berarti terdapat pengaruh signifikan
layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar. Penelitian ini
menunjukan skor rata-rata motivasi belajar sebelum diberikan treatment termasuk
ke dalam kategori rendah dan setelah diberikan treatment dalam kategori tinggi.
Terjadinya peningkatan skor rata-rata motivasi belajar peserta didik setelah di
berikan treatment layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self-Management
yang efektif untuk meningkatkan motivasi peserta didik kelas X IPS 2 MAN 01
Bengkulu Utara. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru
bimbingan dan Konseling untuk dapat menggunakan layanan bimbingan
kelompok dengan teknik Self-Management yang efektif untuk meningkatkan
motivasi peserta didik.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Self-
Management

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 08:18
Last Modified: 07 Aug 2024 08:18
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19643

Actions (login required)

View Item
View Item