HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MENGENAI KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Hazanah, Fitriza and Yessy, Elita and Anni, Suprapti (2023) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MENGENAI KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Fitriza Hazanah-A1L019013 - Fitriza Hazanah.pdf] Text
Fitriza Hazanah-A1L019013 - Fitriza Hazanah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara konformitas teman
sebaya dan pola asuh orang tua dengan kecanduan game online pada siswa kelas X
SMK Negeri Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini berjumlah 219. Sampel
penelitian ini berjumlah 140. Teknik dalam penelitian ini adalah teknik accidental
sampling. Desain penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif analisis regresi.
Alat pengumpulan data berupa angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini
terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konformitas teman sebaya
dengan kecanduan game online, artinya semakin tinggi konformitas teman sebaya,
maka semakin tinggi kecanduan game online dan sebaliknya semakin rendah
persepsi konformitas teman sebaya, maka semakin rendah kecanduan game online
pada siswa dengan sumbangan efektif sebesar 24,6%. Terdapat hubungan yang
positif dan signifikan antara pola asuh otoriter dengan kecanduan game online,
artinya semakin otoriter orang tua, maka semakin kecanduan siswa pada game
online siswa dan sebaliknya semakin tidak otoriter orang tua, maka semakin tidak
kecanduan siswa pada game online dengan sumbangan efektif sebesar 9,1%.
Terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara pola asuh demokratis dengan
kecanduan game online, artinya semakin demokratis orang tua, maka semakin tidak
kecanduan siswa pada game online dan sebaliknya semakin tidak demokratis orang
tua, maka semakin kecanduan siswa pada game online dengan sumbangan efektif
sebesar 9,9%. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh
permisif dengan kecanduan game online, artinya semakin permisif orang tua, maka
semakin tinggi kecanduan siswa pada game online dan sebaliknya semakin tidak
permisif orang tua, maka semakin tidak kecanduan siswa pada game online dengan
sumbangan efektif sebesar 10,4%.
Kata Kunci : Konformitas teman sebaya, pola asuh orang tua, kecanduan
game online

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 08:18
Last Modified: 07 Aug 2024 08:18
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19644

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200