PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 9 BENGKULU UTARA

Julianto, Ivan and Syahriman, Syahriman and Rita, Sinthia (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 9 BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of IVAN JULIANTO_A1L019007 - Ivan Julianto.pdf] Text
IVAN JULIANTO_A1L019007 - Ivan Julianto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling
kelompok dengan strategi self-management untuk meningkatkan kedisiplinan
belajar peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 9 Bengkulu Utara. Jenis
penelitian ini Deskriptif kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel penelitian
ini berjumlah 7 orang peserta didik diambil dengan teknik purposive sampling.
Data dikumpulkan dengan menggunakan angket kedisiplinan belajar. Data
dianalisis dengan statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini terbukti dengan
nilai t=10.425 dan sig (2-tailed) 0.000 (0.000<0.05) artinya terdapat pengaruh
yang signifikan layanan konseling kelompok dengan strategi self-management
untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Penelitian menunjukkan skor rata-rata
kedisiplinan belajar sebelum diberikan perlakuan kategori sangat rendah dan
setelah diberikan perlakuan skor rata-rata kedisiplinan belajar menjadi sangat
tinggi. Hasil penelitian menyarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk
dapat menggunakan layanan konseling kelompok dengan strategi self-
management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik.
Kata Kunci : Konseling kelompok, Kedisiplinan Belajar, Strategi Self-
Management

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 08:32
Last Modified: 07 Aug 2024 08:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19647

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor