PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TEKS DESKRIPSI BERBASIS PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VII SMP

Andini, Seli and Catur, Wulandari and Ria, Ariesta (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TEKS DESKRIPSI BERBASIS PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VII SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of A1A019068_Seli Oktafaulia Andini_Skripsi Final-dikompresi - Rizki Sandera.pdf] Text
A1A019068_Seli Oktafaulia Andini_Skripsi Final-dikompresi - Rizki Sandera.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian
ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui analisis kebutuhan LKS berbasis Picture and
Picture teks deskripsi siswa kelas VII SMP. (2) Mengetahui proses
pengembangan LKS berbasis Picture and Picture teks deskripsi siswa kelas VII
SMP. (3) Mengetahui kelayakan produk LKS berbasis Picture and Picture teks
deskripsi siswa kelas VII SMP. (4) Mengetahui implementasi LKS berbasis
Picture and Picture teks deskripsi siswa kelas VII SMP. Model pengembangan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), namun dalam
penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap implementasi (implementation).
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan angket, dengan
instrumen penelitiannya yaitu Lembar wawancara, Lembar analisis kebutuhan
siswa, Lembar validasi ahli materi, dan angket tanggapan siswa. Teknik analisis
data dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di
SMP Negeri 01 Kota Bengkulu dengan subjek penelitian 31 orang siswa kelas
VII.9 untuk uji coba produk yang dikembangkan. Adapun hasil dari penelitian
yaitu: (1) Analisis kebutuhan menyatakan bahwa guru membutuhkan bahan ajar
dengan model pembelajaran yang dapat membantu guru serta membuat peserta
didik aktif saat pembelajaran berlangsung dan peserta didik membutuhkan bahan
ajar yang menarik baik dari segi tampilan maupun isi. (2) Pengembangan LKS
melalui tahapan perancangan kebutuhan LKS dan kerangka LKS, membuat LKS
menggunakan aplikasi canva. (3) Kelayakan LKS di uji oleh ahli materi. Hasil uji
validasi produk yang diperoleh dari kedua ahli materi memperoleh presentase
keseluruhan dari ahli materi pertama sebesar 77,08% dengan kategori layak dan
ahli materi kedua 81,25% dengan kategori sangat layak. (4) Implementasi
penggunaan LKS kepada peserta didik berjumlah 31 orang siswa dan respon
peserta didik terhadap LKS mendapatkan hasil dengan presentase keseluruhan
sebesar 84,9% dengan kategori sangat baik.
Kata kunci: Pengembangan lks, model ADDIE, teks deskripsi, Picture and
Picture

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Aug 2024 03:08
Last Modified: 08 Aug 2024 03:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19683

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200