Chaniago, Aulia Rahman and Noermanzah, Noermanzah and Padi, Utomo (2023) KESESUAIAN TES FORMATIF BUATAN GURU BAHASA INDONESIA DENGAN CAPAIAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_AULIARAHMANCHANIAGO_A1A019078(2023) FIXdocx - Rpol gaming.pdf [thumbnail of SKRIPSI_AULIARAHMANCHANIAGO_A1A019078(2023) FIXdocx - Rpol gaming.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_AULIARAHMANCHANIAGO_A1A019078(2023) FIXdocx - Rpol gaming.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kesesuaian tes formatif pada
materi teks berita buatan guru dengan capaian pembelajaran kurikulum merdeka
kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode analisis isi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata
pelajaran Bahasa Indonesia yang mengajar pada kelas VII di SMP Negeri 1 Kota
Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi berupa
tes pilihan ganda dan uraian. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data, interpretasi materi, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tes formatif buatan guru bahasa Indonesia sesuai pada CP
elemen membaca-memirsa, sedangkan pada elemen menyimak, berbicara, dan
menulis belum sesuai karena belum mencakupi keseluruhan elemen pada capaian
pembelajaran yakni elemen menyimak, berbicara dan menulis. Hal ini dapat
ditunjukan dengan ditemukannya soal yang telah sesuai dengan capaian
pembelajaran pada kurikulum merdeka sebanyak 34 soal yang telah sesuai dengan
capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka elemen membaca-memirsa dari 65
soal pilihan ganda. Sedangkan untuk soal uraian didapatkan hasil soal yang telah
sesuai dengan capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka pada elemen
membaca-memirsa sebanyak 22 soal yang telah sesuai dengan capaian
pembelajaran pada kurikulum merdeka dari 29 soal uraian. Sedangkan pada
elemen menyimak, berbicara, dan menulis tidak ditemukan.
Kata Kunci: Tes formatif, capaian pembelajaran fase D, kurikulum merdeka
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 04:36 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 04:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19716 |