PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI TEKS PROSEDUR KELAS VII SMP

Sari, Novita and Ria, Ariesta and Padi, Utomo (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI TEKS PROSEDUR KELAS VII SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of A1A019073_NOVITA SARI_SKRIPSI. - Novita Sari.pdf] Text
A1A019073_NOVITA SARI_SKRIPSI. - Novita Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan proses analisis kebutuhan
LKPD berbasis Discovery Learning materi teks prosedur siswa kelas VII SMP, (2)
mendeskripsikan rancangan hasil desain LKPD berbasis Discovery Learning materi
teks prosedur siswa kelas VII SMP, (3) mendeskripsikan hasil teknik
pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning materi teks prosedur siswa
kelas VII SMP, (4) mendeskripsikan proses hasil implementasi LKPD berbasis
Discovery Learning materi teks prosedur siswa kelas VII SMP. Metode penelitian
ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan
ADDIE. Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan),
Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data
dilakukan dalam bentuk wawancara dan angket.Wawancara dilakukan dengan
pedoman wawancara untuk mengetahui situasi dalam pembelajaran, dan angket
dilakukan untuk mengetahui hasil uji validasi dan uji kepraktisan. Teknik analisis
data yang digunakan ialah analisis kualitatif dan kuantitatif yang berupa data proses
pengembangan LKPD, data validasi oleh validator, dan data penilaian peserta didik
untuk mengetahui kepraktikasan LKPD. Hasil dari penelitian ini yaitu; (1) analisis
kebutuhan menyatakan bahwa dibutuhkan alternatif dalam penggunaan LKPD yang
mendorong peserta didik untuk belajar lebih mandiri dan terlibat lebih aktif dalam
pembelajaran, (2) rancangan desain disusun dengan memperhatikan tampilan yang
menggunakan ilustrasi yang lebih menarik, serta kegiatan yang mengikuti model
pembelajaran Discovery Learning, (3) hasil pengembangan berupa validasi ahli
materi yang mendapatkan persentase 81,25% dan hasil validasi ahli desain
mendapatkan 77,77% dengan kategori layak untuk digunakan, (4) tahap
implementasi menghasilkan data penilaian peserta didik terhadap LKPD yang
dikembangkan mendapatkan persentase skor sebesar 4,35% dengan kategori sangat
praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Discovery Learning
materi teks prosedur untuk kelas VII SMP layak dan praktis digunakan dalam
pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan LKPD, discovery learning, teks prosedur

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:31
Last Modified: 08 Aug 2024 07:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19721

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200