Putri, Nisa Andini and Dedy, Hamdani and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI HUKUM TERMODINAMIKA KELAS XI (Research and Development). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI FULL NISA ANDINI PUTRI - Nisa Andini Putri.pdf [thumbnail of SKRIPSI FULL NISA ANDINI PUTRI - Nisa Andini Putri.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FULL NISA ANDINI PUTRI - Nisa Andini Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan e-modul berbasis
pendekatan Science Environment Technology and Society (SETS) untuk melatih
kemampuan pemecahan masalah siswa SMA kelas XI pada materi hukum
termodinamika. (2) Mendeskripsikan persepsi siswa terhadap e-modul berbasis
pendekatan Science Environment Technology and Society (SETS) pada materi
hukum termodinamika yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model
pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design, dan
development yang dilakukan hingga uji persepsi siswa. Produk dibuat
menggunakan software Flip PDF Professional. Sampel data yang digunakan pada
penelitian ini yaitu 100 siswa kelas XII dari 3 sekolah yaitu SMAN 4 Kota
Bengkulu, SMAN 6 Kota Bengkulu, dan SMAN 9 Kota Bengkulu. Instrument yang
digunakan pada penelitian ini adalah lembar angket kebutuhan siswa, lembar angket
kebutuhan guru, lembar validasi tim ahli, dan lembar persepsi siswa. Penilaian
angket uji validasi dan persepsi siswa diinterpretasikan dengan Skala Likert.
Validasi produk dilakukan oleh 3 validator ahli yang ditinjau dari 4 aspek yaitu
aspek isi, aspek penyajian, aspek bahasa, dan aspek media. Hasil yang diperoleh
dari penelitian ini menunjukan bahwa e-modul yang dikembangkan termasuk dalam
kategori sangat layak dengan persentase nilai rata-rata 88,95% dan persepsi siswa
terhadap e-modul yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik dengan
persentase nilai rata-rata 81,55%.
Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, E-modul, Science Environment
Technology Society (SETS), Hukum Termodinamika, Pemecahan Masalah
(Problem Solving)
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 03:22 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 03:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19764 |