Khairiya, Ramadhania Husnatul and Nirwana, Nirwana and Andik, Purwanto (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PHET MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMAN KOTA BENGKULU (Pre Eksperimen). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_RAMADHANIA HUSNATUL KHAIRIYAH_A1E019037 - Ramadhania Husnatul Khairiyah_UNIB.pdf [thumbnail of SKRIPSI_RAMADHANIA HUSNATUL KHAIRIYAH_A1E019037 - Ramadhania Husnatul Khairiyah_UNIB.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_RAMADHANIA HUSNATUL KHAIRIYAH_A1E019037 - Ramadhania Husnatul Khairiyah_UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas xi sman
kota bengkulu sesudah mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning
berbantuan simulasi PhET materi gelombang bunyi, 2) Untuk mengetahui respon
peserta didik terhadap model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan
simulasi PhET materi gelombang bunyi. Penelitian ini menggunakan rancangan
penelitian pre-experimental design dengan bentuk penelitian adalah one group
pretest-posttest. Hasil perhitungan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t pada
data hasil posttest yang telah dilakukan di kelas eksperimen dengan taraf
signifikan 5% dan diperoleh dari uji-t, diperoleh t hitung = 2,50 dengan df = 68
dan t tabel = 1,669. Sehingga didapat t hitung > t tabel maka Ho ditolak.
Berdasarkan kriteria pengujian uji-t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas XI
MIPA 3 SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Hasil analisis data respon peserta didik
setelah mengikuti proses pembelajaran dengan model Problem Based Learning
berbantuan simulasi PhET materi gelombang bunyi memiliki hasil perhitungan
nilai indeks jawaban responden skala Likert diperoleh persentase nilai indeks
sebesar 81,6% yang menandakan bahwa hasil angket respon sangat baik.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peserta didik memberikan
respon positif mengikuti proses pembelajaran dengan model Problem Based
Learning berbantuan simulasi PhET materi gelombang bunyi di SMAN 4 Kota
Bengkulu.
Kata kunci: Problem Based Learning, PhET, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 03:22 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 03:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19766 |