ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN INDOSAT OOREDOO PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU

Ramadhan, Ricky and Lizar, Alfansi and Sularsih, Anggarawati (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN INDOSAT OOREDOO PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Tesis Ricky ramadhan 1.docx.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

PT Indonesian Satellite Corporation Tbk (Persero), memulai beroperasi
pada bulan September 1969, perusahaan ini merupakan perusahaan komersial yang
menyediakan jasa telepon jarak jauh antar negara atau yang dikenal sebagai
International Direct Dial Calls (IDD Calls). Indosat pada tahun 1980 telah menjadi
BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia.
Indosat merupakan satu diantara beberapa operator seluler yang mengikuti
persaingan pasar telekomunikasi di Indonesia dengan merek dagangnya yaitu IM3
(Indosat Multi Media Mobile). Sampai sekarang IM3 dikenal sebagai kartu
prabayar yang difokuskan untung kawula muda (young heart) dan orang-orang
yang dinamis (dynamic people). Namun, sejak 2015 operator telekomunikasi
Indosat kini resmi berganti menjadi Indosat Ooredoo. Indosat Ooredoo merupakan
transformasi PT. Indosat sebagai bagian dari alih bentuk perusahaan yang inklusif
agar menjadi leader dari layanan telekomunikasi di Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh dari Kualitas
Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa
Universitas Bengkulu, (2) mengetahui pengaruh dari Biaya Perpindahan yang
Dirasakan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa
Universitas Bengkulu, (3) mengetahui pengaruh dari kepercayaan terhadap
Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas Bengkulu, (4)
mengetahui pengaruh dari Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan
Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas Bengkulu, (5) mengetahui pengaruh
dari Nilai yang Dirasakan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada
mahasiswa Universitas Bengkulu, (6) mengetahui pengaruh dari Citra Perusahaan
terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas
Bengkulu, (7) mengetahui pengaruh dari Kualitas Layanan, Biaya Perpindahan
yang Dirasakan, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan, Nilai yang Dirasakan dan
Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa
Universitas Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yaitu
penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi yang menggunakan
kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Jenis data yang digunakan adalah data
primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian adalah
mahasiswa Universitas Bengkulu yang berjumlah 100 orang. Metode pengambilan sampel digunakan Accidental Sampling. Metode analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berrganda, uji t dan uji f.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas Layanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada
mahasiswa Universitas Bengkulu, artinya. Jika Kualitas Layanan semakin tinggi,
maka Loyalitas Pelanggan semakin tetap loyal dan meningkat menggunkan Indosat
Ooredoo. (2) Biaya Perpindahan yang Dirasakan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas
Bengkulu, artinya. Jika Biaya Perpindahan yang Dirasakan semakin tinggi, maka
Loyalitas Pelanggan semakin tetap loyal dan meningkat menggunakan Indosat
Ooredoo. (3) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas
Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas Bengkulu, artinya. Jika
Kepercayaan semakin tinggi, maka Loyalitas Pelanggan semakin tetap loyal dan
meningkat menggunakan Indosat Ooredoo. (4) Kepuasan Pelanggan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada
mahasiswa Universitas Bengkulu, artinya. Jika Kepuasan Pelanggan semakin
tinggi, maka Loyalitas Pelanggan semakin tetap loyal dan meningkat menggunakan
Indosat Ooredoo. (5) Nilai yang Dirasakan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas
Bengkulu, artinya. Jika Nilai yang Dirasakan semakin tinggi, maka loyalitas
pelanggan semakin tetap loyal dan meningkat menggunakan Indosat Ooredoo. (6)
Citra Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan
Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas Bengkulu, artinya. Jika Citra
Perusahaan semakin tinggi, maka loyalitas pelanggan semakin tetap loyal dan
meningkat menggunakan Indosat Ooredoo. (7) Kualitas Layanan, Biaya
Perpindahan yang Dirasakan, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan, Nilai yang
Dirasakan dan Citra perusahaan secara simultan atau bersama-sama berpengaruh
terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas
Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Management Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 09 Aug 2024 08:04
Last Modified: 09 Aug 2024 08:04
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19780

Actions (login required)

View Item
View Item