Bachtiar, Afifi and Lizar, Alfansi and Effed, Darta Hadi and Rini, Indriani (2021) PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN IMAGE TERHADAP PERSEPSI ATAS KUALITAS, LOYALITAS MEREK, DAN EKUITAS MEREK KESELURUHAN SERTA IMPLIKASINYA PADA NIAT PEMBELIAN PRODUK KOMPUTER DARI CHINA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png) Archive (Thesis)
            
              
Archive (Thesis)
PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN IMAGE Afifi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Seiring waktu semakin banyak bermunculan pesaing baru maupun jenis 
lapangan bisnis baru yang berkembang hingga level global. Setiap negara 
harus mampu merumuskan strategi yang tepat untuk menghadapi pesaing 
mereka guna mendapatkan pasar di berbagai negara. Salah satu pendekatan 
untuk memperkuat penerimaan produk oleh konsumen dilakukan melalui 
konsep Country of origin image (COI) 
Country of origin image adalah “persepsi terhadap citra negara asal produk” 
(Kotabe dan Helsen, 2011). Menurut teori pemakaian petunjuk, COI 
merupakan atribut ekstrinsik yang dapat dipakai oleh konsumen untuk 
menilai suatu produk atau merek, guna mengambil keputusan persepsi 
kualitas produk. Hal ini karena ketika menilai suatu produk, konsumen 
melakukan penilaian atribut internal dan eksternal ketimbang kualitas nyata 
suatu produk. 
Menurut teori COI, negara asal produk atau tempat markas pusat dari merek 
berada, memberikan pengaruh terhadap atribut inheren suatu produk (Chen 
dan Chen, 2014). Terdapat perdebatan apakah COI bersifat unidimensional, 
bidimensional, atau empat dimensi. Teori COI yang umum diterima 
menggunakan COI sebagai satu variabel tunggal. Walau begitu, 
Maheshwaran et al. (2013) berpendapat bahwa COI mengandung dimensi 
kinerja dan emosional. 
Variabel COI diketahui memengaruhi berbagai variabel merek seperti 
loyalitas merek dan persepsi kualitas dan ekuitas merek keseluruhan 
(Saydan, 2013; Hanasyha dan Hilman, 2015; Azuizkulov, 2013; Azadi et 
al., 2015; Sanyal dan Datta, 2011; Roth et al., 2008; Fetscherin dan Toncar, 
2010; Moradi dan Zarei, 2011; Chowdury dan Ahmed, 2009; Li, Yang, 
Wang, dan Lei, 2012).
Penelitian ini menggunakan variabel ekuitas merek, kualitas produk, dan 
loyalitas merek, serta niat membeli untuk menguji model dimensionalitas 
dari COI. Penelitian ini lebih lanjut akan dilakukan pada populasi 
mahasiswa dengan produk laptop. Mahasiswa dipilih karena memiliki 
rentang usia yang cukup dewasa sehingga memiliki tanggung jawab yang 
cukup baik dalam pengambilan keputusan pembelian (Boompattarakan, 
2012), sehingga niat membeli mereka dapat diterjemahkan dengan baik 
menjadi perilaku membeli. Mahasiswa dipandang layak untuk digunakan 
13
sebagai sampel untuk pengujian suatu teori (Laroche, Nepomuceno, dan 
Richard, 2010).
Berangakat dari gambaran tersebut penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1). 
Apakah COI berpengaruh terhadap persepsi kualitas. 2) Apakah COI 
berpengaruh terhadap loyalitas merek. 3) Apakah COI berpengaruh terhadap 
ekuitas merek keseluruhan. 4) Apakah COI berpengaruh terhadap niat 
membeli. 5) Apakah persepsi kualitas berpengaruh terhadap niat membeli. 
6) Apakah loyalitas merek berpengaruh terhadap niat membeli. 7) Apakah 
ekuitas merek keseluruhan berpengaruh terhadap niat membeli. 8) Apakah 
COI berpengaruh terhadap niat membeli dimediasi oleh loyalitas merek 
keseluruhan. 9) Apakah COI berpengaruh terhadap niat membeli dimediasi 
oleh persepsi kualitas. 10) Apakah COI berpengaruh terhadap niat membeli 
dimediasi ekuitas merek. 
Penelitian ini menggunakan pendekatan survai kuantitatif pada responden 
konsumen di Indonesia yakni mahasiswa dari dua perguruan tinggi negeri 
yakni Universitas Bengkulu dan Universitas Islam Negeri Syarif 
Hidayatullah Jakarta. Jumlah sampel adalah sebanyak 400 responden yang 
terbagi secara proporsional berdasarkan jumlah populasi dari perguruan masingmasing tinggi. Alat analisa yang digunakan adalah Structural Equation Modeling 
(SEM) dengan menggunakan Program LISREL 8.7. 
Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Variabel Country of Origin Image memiliki 
pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap variabel Persepsi Kualitas. Hasil 
ini mengadung makna bahwa semakin persepsi konsumen atas kemampuan Negara 
asal suatu produk maka akan semakin baik persepsi mereka atas kualitas produk 
yang dihasilkan oleh perusahaan yang berasal dari Negara tersebut. 2) Variabel 
Country of Origin Image berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap 
variabel Loyalitas Merek. Hasil ini mengandung arti bahwa peningkatan persepsi 
konsumen atas kemampuan suatu Negara asal dalam hal intelektual, etos kerja dan 
aspek produktivitas lainnya maka akan semakin baik tingkat loyalitas merek atas 
produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang berasal dari Negara tersebut. 3) 
Pengaruh variabel Country of Origin Image terhadap variabel Ekuitas Merek 
Keseluruhan memiliki nilai negatif dan tidak signifikan. Hasil penelitian ini 
memberikan makna bahwa peningkatan persepsi konsumen atas kridibiltas suatu 
Negara asal produk dalam hal etos kerja warga negaranya belum tentu akan dapat 
meningkatkan persepsi mereka atas Ekuitas Merek Keseluruhan produk yang 
diproduksi oleh perusahaan dari Negara tersebut. 4). Pengaruh variabel Country of 
Origin Image terhadap variabel Niat Beli adalah positif dan signifikan. Hasil 
penelitian ini memberikan makna bahwa meningkatnya persepsi konsumen atas 
keunggulan suatu negara dalam pengelolaan sumberdaya dinegara tersebut maka 
akan semakin baik Niat Beli konsumen atas produk yang dihasilkan oleh 
perusahaan dari negara tersebut. 5) Variabel Persepsi Kualitas mempengaruhi 
variabel Niat Beli secara positif dan signifikan. Temuan penelitian ini mengadung 
makna bahwa peningkatan atas Persepsi konsumen atas kualitas produk dari suatu 
Negara tertentu akan meningkatkan Niat Beli konsumen akan produk yang 
diproduksi oleh perusahaan dari Negara tersebut. 6) Hasil penelitian atas pengaruh 
variabel Loyalitas Merek Terhadap Niat Beli diperoleh positif dan signifikan. Hasil 
ini memberikan makna bahwa semakin baiknya loyalitas konsumen atas produk 
yang diproduksi oleh suatu Negara maka akan semakin baik Niat Beli akan produk 
yang diproduksi oleh perusahaan yang berasal dari Negara tersebut. 7) Variabel
14
Ekuitas Merek Keseluruhan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap 
variabel Niat Beli. Hasil ini mengisyaratkan bahwa meningkatnya persepsi 
konsumen atas Ekuitas Merek Keseluruhan atas produk yang diproduksi oleh suatu 
Negara asal maka belum pasti akan menigkatkan Niat Beli konsumen secara 
signifikan atas produk yang diproduksi oleh perusahaan dari Negara tersebut. 8) 
Variabel Loyalitas Merek memberikan peran parsial mediasi (partially mediated) 
atas pengaruh variabel Country of Origin Image terhadap Niat Beli. Hasil ini 
mengandung makna bahwa variabel Loyalitas Merek dapat menjembatani pengaruh 
variabel Country of Origin Image dalam mengintervensi Niat Beli konsumen atas 
produk yang diproduksi oleh suatu Negara. 9. Hasil penelitian menemukan bahwa
variabel Persepsi Kualitas memiliki peran mediasi parsial (partially mediated) atas 
pengaruh variabel Country of Origin Image terhadap Niat Beli. Hasil ini 
mengandung makna bahwa variabel Persepsi Kualitas memberikan kontribusi 
dalam menjembatani pengaruh variabel Country of Origin Image dalam 
mengintervensi Niat Beli Konsumen atas produk yang diproduksi oleh suatu 
Negara tertentu. 10) Variabel Ekuitas Merek Keseluruhan tidak memberikan peran 
mediasi atas pengaruh variabel Country of Origin Image Terhadap iat Beli. Hal ini 
menggambarkan bahwa keberadaan variabel Ekuitas Merek Keseluruhan tidak 
memberikan efek mediasi dalam mengintervensi pengaruh antara variabel Country 
of Origin Image terhadap Niat Beli konsumen atas produk yang diproduksi oleh 
suatu Negara tertentu.
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | Postgraduate Program | 
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati | 
| Date Deposited: | 12 Aug 2024 03:02 | 
| Last Modified: | 12 Aug 2024 03:02 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19809 | 

