Asri, Anita Julia and Feri, Noperman and Neza, Agusdianita (2023) PENGARUH MEDIA WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN TERAKREDITASI A KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Anita Julia Asri (Skripsi bebas perpus unib) - anita julia asri.pdf [thumbnail of Anita Julia Asri (Skripsi bebas perpus unib) - anita julia asri.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Anita Julia Asri (Skripsi bebas perpus unib) - anita julia asri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media
wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas
V SDN Terakreditasi A Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif,
menggunakan metode quasy eksperiment, dengan desain The Matching Only
Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas V SDN Terakreditasi A Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas VA SDN 01 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas
eksperimen dan kelas VA SDN 82 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 siswa
sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random
sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan lembar tes
berbentuk pilihan ganda yang diberikan melalui pretest dan posttest pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis
deskriptif, uji prasyarat, dan uji inferensial. Berdasarkan uji hipotesis
menggunakan uji-t pada pretest motivasi belajar siswa diperoleh nilai thitung
(0,604) < ttabel (2,003) pada taraf signifikan 5% sedangkan pada posttest motivasi
belajar siswa diperoleh nilai thitung (3, 691) > ttabel (2,003) pada taraf signifikan 5%.
Pada pretest hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung (0, 858) < ttabel (2,003) pada
taraf signifikan 5% dan pada posttest hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung (4,
69) > ttabel (2,003) pada taraf signifikan 5%, hal ini menunjukan adanya perbedaan
yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol pada
posttest yang artinya Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh media wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPA kelas V SDN Terakreditasi A Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Media Woordwall, Motivasi, Hasil Belajar, IPA.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 04:58 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 04:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19835 |