Qias, Tri Nadia Wahyu Ning and Pebrian, Tarmizi and Neza, Agusdianita (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI KELAS VA SDN 07 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Perpustakaan Unib - Trinadia Nadia.pdf [thumbnail of Perpustakaan Unib - Trinadia Nadia.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Perpustakaan Unib - Trinadia Nadia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan tanggung jawab
siswa kelas V SDN 07 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian terdiri dari tiga puluh siswa kelas V.
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar Observasi
dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan dengan lembar Observasi
menggunakan rumus skor rata-rata, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan
rentang nilai tiap kriteria. Data uji dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata
kelas dan rentang nilai tiap kriteria. Hasil rata-rata penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada siklus I diperoleh kategori
sedang dan pada siklus II diperoleh kategori sangat baik. Hasil rata-rata prestasi
belajar siklus I memperoleh skor rata-rata di bawah (KKM 75) dengan ketuntasan
belajar klasikal PPKN 40% dan IPS 33,3% sedangkan pada siklus II nilai rata-
ratanya di atas (KKM 75) dengan ketuntasan belajar klasikal 86,6% pada mata
pelajarn PPKN dan IPS . Hasil rata-rata perilaku tanggung jawab siswa pada siklus I
berada pada kategori cukup dengan persentase 33,3% sedangkan siklus II pada
kategori baik dengan persentase 53,3%. Dengan demikian, penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan
prestasi belajar dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran tematik di kelas V
SDN 07 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted
Individualization, Prestasi Belajar, Tanggung Jawab
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 07:41 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 07:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19842 |