i PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 29 KOTA BENGKULU

Zalis, Bella Sonianica and Neza, Agusdianita and Feri, Noperman (2023) i PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 29 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI BELLA SONIANICA ZALIS_081715 - Bella Sonianica Zalis.pdf] Text
SKRIPSI BELLA SONIANICA ZALIS_081715 - Bella Sonianica Zalis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan
penerapan model Realistic Mathematics Education berbantuan media canva.
Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri
29 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes.
Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data
hasil observasi dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Dari hasil observasi
menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil rata-rata
aktivitas peserta didik di siklus I memperoleh skor 32,5 dengan kriteria baik
mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor 41,5 dengan kriteria sangat
baik. Sehingga terdapat peningkatan sebesar 9 skor dari siklus I ke siklus II.
Sedangkan untuk data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata dan persentase
ketuntasan belajar. Hasil belajar peserta didik aspek pengetahuan pada siklus I
rata-rata 64,25 dengan ketuntasan belajar klasikal 45% dan siklus II rata-rata
84,25 dengan ketuntasan belajar klasikal 85%. Simpulan dari penelitian ini adalah
penerapan model Realistic Mathematics Education berbantuan media Canva
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Model Realistic Mathematics Education, Media Canva, Hasil
Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:55
Last Modified: 12 Aug 2024 07:55
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19847

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200