MENGGAMBAR ILUSTRASI TEMA MITIGASI BENCANA BANJIR PADA SISWA KELAS V SDN 102 KOTA BENGKULU

Kurniawan, Edo and Dwi, Anggraini and Pebrian, Tarmizi (2023) MENGGAMBAR ILUSTRASI TEMA MITIGASI BENCANA BANJIR PADA SISWA KELAS V SDN 102 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi Edo Kurniawan - Edo Kurniawan.pdf] Text
Skripsi Edo Kurniawan - Edo Kurniawan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses menggambar ilustrasi tema
mitigasi bencana banjir pada siswa kelas V SDN 102 Kota Bengkulu serta untuk
menganalisis persepsi siswa tentang mitigasi bencana banjir. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Mixed Method. Dengan metode analisis data kuantitatif dan
kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 102 Kota Bengkulu.
Instrumen penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dengan menggunakan pedoman
observasi, wawancara dan dokumentasi serta kuisioner. Analisis data dilakukan
dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data
serta penghitungan jumlah skor menggunakan persentase. Teknik keabsahan data
melalui triangulasi yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber, triangulasi waktu.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Proses menggambar ilustrasi tema mitigasi bencana
banjir pada siswa kelas V SDN 102 Kota Bengkulu yaitu menentukan obyek
gambar, kemudian membuat sket atau rancangan gambar, setelah itu dilanjutkan
dengan memberi pewarnaan. (2) Persepsi siswa tentang mitigasi bencana banjir
yaitu mengenal tempat tinggal yang termasuk ke dalam daerah rawan banjir, tidak
membuang sampah ke aliran air atau sungai, aliran sungai dan saluran air rajin
dibersihkan, menanam pohon di sekitar tempat tinggal, mengamankan barang
berharga ketika musim hujan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah proses
menggambar ilustrasi tema mitigasi bencana banjir sudah dilaksanakan oleh siswa
dengan langkah-langkah yang telah diberikan tapi masih ada siswa yang tidak
mengikuti langkah-langkah yang sebenarnya sehingga terjadi kesalahan dan harus
diulang dari awal. Persepsi siswa tentang mitigasi bencana banjir secara
keseluruhan sebesar 83 % dengan kriteria Baik.
Kata kunci : Menggambar, Gambar Ilustrasi, Mitigasi Bencana Banjir

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:55
Last Modified: 12 Aug 2024 07:55
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19848

Actions (login required)

View Item
View Item