PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS V SD NEGERI 04 BENGKULU UTARA

Eliza, Eliza and Nani, Yuliantini and Nady, Febri Ariffiando (2023) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS V SD NEGERI 04 BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI ELIZA FIKSSSSS - Eliza 23.pdf] Text
SKRIPSI ELIZA FIKSSSSS - Eliza 23.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil
belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik kelas V SD Negeri 04
Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, dan tiap siklus
terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek
dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas V SD Negeri 04
Bengkulu Utara dengan jumlah peserta didik 30 orang. Instrumen penelitian
adalah peneliti sendiri dengan menggunakan lembar pengamatan (observasi)
dan lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.
Teknik analisis data yang dilakukan adalah menelaah seluruh data yang
didapatkan dari hasil observasi dan tes, data hasil observasi digunakan untuk
merefleksi siklus yang telah dilakukan dan diolah secara deskriptif. Analisis
hasil belajar menggunakan analisis data kuantitatif dengan menentukan rata-
rata nilai tes. Analisis data kuantitatif dilakukan untuk menguji perbedaan
penugasan materi dari hasil postest pada penelitian, yaitu untuk melihat
peningkatan hasil belajar melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
aktivitas guru pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 23 (cukup),
meningkat pada siklus II menjadi 33 pada kategori sangat baik. Aktivitas
siswa pada pembelajaran juga mengalami peningkatan. Pada siklus I skor
rata-rata aktivitas adalah mencapai 25 pada kategori cukup siklus II dengan
nilai rata-rata 34 dengan kategori Sangat baik. Hasil belajar siswa pada
muatan pembelajaran bahasa Indonesia pada siklus I adalah 70% dan pada
siklus II menjadi 93,3%. Hasil belajar siswa pada muatan PPKn mengalami
peningkatan. Pada siklus I mencapai 83,3% dan meningkat pada siklus II
mencapai 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas V SDN
04 Bengkulu Utara.
Kata Kunci: Model Contextual teaching and learning, aktivitas, hasil
belajar siswa

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:55
Last Modified: 12 Aug 2024 07:55
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19849

Actions (login required)

View Item
View Item