PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V A 01 KOTA BENGKULU

Windar, Gea Sri and Sri, Dadi and Atika, Susanti (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V A 01 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI GEA SRI WINDARI A1G019002 (22) - Astri Cornelia Putri.pdf] Text
SKRIPSI GEA SRI WINDARI A1G019002 (22) - Astri Cornelia Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk deskripsikan (1) keterlaksanaan penerapan model
Kooperatif Tipe Script dalam pembelajaran tematik di kelas V A SDN 01 Kota Bengkulu,
(2) peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran tematik, (3) peningkatan
prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah
guru danj siswa di kelas V A SDN 01 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 siswa. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes. Teknik analisis data observasi
menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran
nilai untuk setiap kriteria. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I nilai rata-rata 44,5
dengan kategori cukup meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 69 kategori sangat
baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I nilai rata-rata 45 kategori cukup
meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 68,5 kategori sangat baik. Hasil prestasi
belajar siswa pada pembelajaran tematik siklus I mata pelajaran Bahasa Indonesia nilai rata-
rata 73,89 dengan ketuntasan belajar klasikal 71,42% meningkat pada siklus II dengan nilai
rata-rata 79,35 dengan ketuntasan belajar 89,28%. Pada mata pelajaran IPS siklus I nilai
rata-rata 74,35 dengan ketuntasan belajar klasikal 75% meningkat pada siklus II dengan nilai
rata-rata 78,82 dengan ketuntasan belajar klasikal 92,85%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penerapan model Kooperatif Tipe Script dapat meningkatkan aktivitas
dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script, Aktivitas Belajar, Prestasi
Belajar, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:08
Last Modified: 12 Aug 2024 08:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19853

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200