Jestiani, Jestiani and Dalifa, Dalifa and Irfan, Supriatna (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STEM PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VI SD NEGERI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Jestiani (A1G017027) - Jestiani.pdf [thumbnail of Skripsi Jestiani (A1G017027) - Jestiani.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Jestiani (A1G017027) - Jestiani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar pembelajaran
tematik berbasis STEM pada pembelajaran tematik untuk
menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SD Negeri
Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode penelitian
dan pengembangan (R&D) dengan modifikasi 4D (Four D Model).
Namun pada penelitian ini hanya dilakukakn sampai tiga tahap, yaitu
tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), dan tahap
pengembangan (Develop). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri
67 Kota Bengkulu dan SD Negeri 15 Kota Bengkulu dengan jumlah
4 orang guru dan peserta didik berjumlah 5 orang yang heterogen.
Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif
berupa catatan, saran atau komentar hasil validasi ahli, angket
tanggapan guru dan peserta didik serta analisis kualitatif dengan
mengolah data berupa skor dari hasil penilaian validasi ahli, angket
tanggapan guru, dan hasil prestest dan posttest peserta didik. Hasil
pengembangan ini adalah bahan ajar pembelajaran tematik berbasis
STEM yang layak digunakan. Kelayakan bahan ajar dihasilkan dari
validasi materi mendapatkan nilai rata-rata skor sebesar 83,55 dengan
kriteria sangat baik. Validasi desain memperoleh rata-rata skor
sebesar 96,87 dengan kriteria sangat baik. Validasi bahasa
memperoleh rata-rata skor sebesar 93,05 dengan kriteria sangat
baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar sudah layak
digunakan. Dan hasil uji coba pada peserta didik memperoleh skor
0,7 dengan katagori sedang. Artinya bahan ajar layang digunakan
dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Bahan Ajar, STEM, Pembelajaran Tematik, Berpikir
Kritis.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 08:08 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 08:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19855 |