PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV DI SDN 82 KOTA BENGKULU

Anosa, Ochi and Pebrian, Tarmizi and Yusnia, Yusnia (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV DI SDN 82 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI OCHI ANOSA - Ochi Anosa.pdf] Text
SKRIPSI OCHI ANOSA - Ochi Anosa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas
IV A SD Negeri 82 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran
Kooperatif Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas, dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari empat tahap
yaitu: (1)Rencana; (2)Tindakan; (3)Observasi; (4)Refleksi. Subjek penelitian ini
adalah guru dan siswa yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 17 orang siswa laki-
laki dan 11 orang siswa perempuan. Instrument penelitian berupa lembar
observasi dan lembar tes. Teknik analisis data observasi penerapan model
pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray menggunakan rumus rata-rata skor,
skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria.
Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan menggunakan
rumus rata-rata nilai dan presentase belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1)Penerapan model pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray pada
siklus I diperoleh rata-rata skor 20,25 termasuk dalam kategori cukup dan
meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor 25,25 yang merupakan kategori
baik; (2)Hasil belajar siswa siklus I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
memperoleh rata-rata kelas sebesar 74,14 dengan ketuntasan belajar klasikal
64,28%. Meningkat pada siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 80,28
dengan ketuntasan belajar klasikal 89,28%. Pada mata pelajaran IPA memperoleh
rata-rata kelas sebesar 73,07 dengan ketuntasan belajar klasikal 57,14%.
Meningkat pada siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 78,89 dengan
ketuntasan belajar klasikal 85,71%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
penerapan model pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray dapat
meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar tematik siswa kelas IV A
SDN 82 Kota Bengkulu.
Kata kunci:Two Stay Two Stray, Akivitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:08
Last Modified: 12 Aug 2024 08:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19857

Actions (login required)

View Item
View Item