Anosa, Ochi and Pebrian, Tarmizi and Yusnia, Yusnia (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV DI SDN 82 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI OCHI ANOSA - Ochi Anosa.pdf [thumbnail of SKRIPSI OCHI ANOSA - Ochi Anosa.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI OCHI ANOSA - Ochi Anosa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas
IV A SD Negeri 82 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran
Kooperatif Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas, dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari empat tahap
yaitu: (1)Rencana; (2)Tindakan; (3)Observasi; (4)Refleksi. Subjek penelitian ini
adalah guru dan siswa yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 17 orang siswa laki-
laki dan 11 orang siswa perempuan. Instrument penelitian berupa lembar
observasi dan lembar tes. Teknik analisis data observasi penerapan model
pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray menggunakan rumus rata-rata skor,
skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria.
Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan menggunakan
rumus rata-rata nilai dan presentase belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1)Penerapan model pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray pada
siklus I diperoleh rata-rata skor 20,25 termasuk dalam kategori cukup dan
meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor 25,25 yang merupakan kategori
baik; (2)Hasil belajar siswa siklus I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
memperoleh rata-rata kelas sebesar 74,14 dengan ketuntasan belajar klasikal
64,28%. Meningkat pada siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 80,28
dengan ketuntasan belajar klasikal 89,28%. Pada mata pelajaran IPA memperoleh
rata-rata kelas sebesar 73,07 dengan ketuntasan belajar klasikal 57,14%.
Meningkat pada siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 78,89 dengan
ketuntasan belajar klasikal 85,71%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
penerapan model pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray dapat
meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar tematik siswa kelas IV A
SDN 82 Kota Bengkulu.
Kata kunci:Two Stay Two Stray, Akivitas, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 08:08 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 08:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19857 |