PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 18 LEBONG

Elpianda, Rizka and Sri, Dadi and Atika, Susanti (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 18 LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_RIZKA ELPIANDA_A1G018004 - Rizka Elpianda.pdf] Text
SKRIPSI_RIZKA ELPIANDA_A1G018004 - Rizka Elpianda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan
penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran
tematik di kelas IV SD Negeri 18 Lebong, (2) mendeskripsikan peningkatkan
sikap tangung jawab siswa dalam pembelajaran tematik, (3) mendeskripsikan
peningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Jenis Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 18 Lebong
yang berjumlah 12 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar
observasi dan tes. Teknik analisis data observasi menggunakan rumus rata-rata
skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap
kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata kelas dan persentase
ketuntasan belajar. Hasil rata-rata penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning pada siklus I diperoleh 36,25 kategori cukup dan pada siklus II
memperoleh 61,25 kategori sangat baik. Hasil rata-rata sikap tanggung jawab
siswa siklus I memperoleh rata-rata skor 5,63 kategori cukup dan siklus II
memperoleh rata-rata skor 10,31 kategori sangat baik. Hasil prestasi belajar
siklus I pada mata pelajaran IPA memperoleh nilai rata-rata kelas 60,41 dan
ketuntasan belajar 58,33%, pada siklus II meningkat dengan memperoleh nilai
rata-rata kelas 76,66 dan ketuntasan belajar 91,66%. Pada mata pelajaran IPS
siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas 58,75 dan ketuntasan belajar 50%, pada
siklus II meningkat dengan memperoleh nilai rata-rata kelas 76,25 dan ketuntasan
belajar 91,66%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap tanggung jawab
dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 18
Lebong.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Sikap Tanggung
Jawab, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:23
Last Modified: 12 Aug 2024 08:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19861

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200