STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DAN MOTIVATOR PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 2 SD NEGERI 04 BENGKULU UTARA

Lestari, Silvy Puji and Resnani, Resnani and Nani, Yuliantini (2023) STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DAN MOTIVATOR PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 2 SD NEGERI 04 BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi_Silvy Puji Lestari_FIX_unib - Silvy Puji Lestari.pdf] Text
Skripsi_Silvy Puji Lestari_FIX_unib - Silvy Puji Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai
fasilitator dan motivator pada pembelajaran membaca permulaan siswa
kelas 2B SD Negeri 04 Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah
guru kelas 2B SDN 04 Bengkulu Utara. Instrumen penelitian adalah
peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman
wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan
wawancara. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui
meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa guru sebagai fasilitator dalam membaca permulaan siswa kelas 2B
SD Negeri 04 Bengkulu Utara yaitu guru menjalankan perannya sebagai
fasilitator dengan menyediakan perangkat pembelajaran berupa silabus,
RPP, dan Bahan Ajar, guru juga menyediakan fasilitas pembelajaran
berupa ruang kelas yang nyaman, media belajar seperti teks bacaan, kartu
kata, kartu gambar, dan lain sebagainya. Selain itu guru bertindak sebagai
mitra yang dapat mendampingi siswa dengan baik sehingga siswa merasa
nyaman, guru juga tidak bertindak sewenang-wenang dan bersikap adil
kepada setiap siswa. Sedangkan peran guru sebagai Motivator dalam
membaca permulaan siswa kelas 2B SD Negeri 04 Bengkulu Utara yaitu
guru menjalankan perannya sebagai motivator dengan memberikan
metode yang bervariasi pada pembelajaran membaca permulaan, selain
itu guru juga memberikan hadiah kepada siswa yang mendapatkan nilai
tertinggi di kelas pada saat akhir tahun ajaran, dan guru juga memberikan
pujian kepada siswa yang melakukan tugas dengan baik. Berdasarkan
hasil penelitian disimpulkan bahwa peran guru sebagai fasilitator dan
motivator pada pembelajaran membaca permulaan guru kelas 2B SD
Negeri 04 Bengkulu Utara menyiapkan perangkat pembelajaran, fasilitas
pembelajaran, bertindak sebagai mitra, tidak bertindak sewenang-
wenang, menggunakan metode yang bervariasi, memberikan hadiah serta
pujian kepada siswa kelas 2B, tetapi dalam penggunaan metode
pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran harus ditingkatkan
kembali supaya kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan lebih optimal.
Kata Kunci: Peran, Guru, Fasilitator, Motivator, Membaca
Permulaan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:23
Last Modified: 12 Aug 2024 08:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19862

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200